Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Selasa 1 Maret 2022

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, Senin 1 Maret 2022
Uang dolar dan rupiah di salah satu money changer di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Uang dolar dan rupiah di salah satu money changer di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA – Dolar AS melambung tinggi dibandingkan dengan mata uang lainnya dengan indeks dolar AS menembus 96,7 poin lantaran dipicu dampak konflik antara Ukraina dan Rusia yang makin dalam.

Mengutip data Bloomberg, Selasa (1/2/2022), indeks dolar AS naik 0,10 persen ke level 96,70. 

“Dolar AS jadi raja, menawarkan likuiditas dan fungsi sebagai safe haven. Karena ketika ada masalah melanda memang perlu untuk mencari aset perlindungan,” ungkap Rodrigo Catril, Ahli Strategi Mata Uang di National Australia Bank Ltd. di Sydney, dilansir Bloomberg, Senin (28/2/2022).

Lonjakan pada indeks dolar AS terjadi setelah negara-negara Barat meningkatkan sanksi kepada Rusia atas serangannya ke Ukraina. Para investor kemudian mulai mencari aset perlindungan seiring dengan volatilitas pasar yang melonjak, yang menambah tekanan pada inflasi global.

Selain itu, obligasi global juga reli, dengan imbal hasil Treasury AS untuk tenor 10 tahun turun 5 basis poin menadi 1,91 persen. Sementara, imbal hasil obligasi pemerintah Australia tenor 10 tahun merosot 10 basis poin.

"Eropa sudah menanggung beban dampak awal invasi, dengan biaya energi yang makin mahal merugikan konsumen dan tingkat sanksi menekan pertumbuhan ekonomi Eropa, dengan efek knock-on untuk prospek pertumbuhan AS," kata Scott Glasser, Kepala Investasi di Clearbridge Investments and dan ahli investasi Jeff Schulze.

Tanda-tanda ketegangan dari pasar uang juga makin jelas dengan pada awal perdagangan Senin terlihat spreadnya melebar untk kontrak jangka pendek euro-dollar. Kesenjangan antara suku bunga Libor dan Fed juga melemah 9 basis poin untuk kontrak satu bulan, terbesar sejak Maret 2020.

Saat ini, investor tengah memusatkan perhatian pada keputusan negara-negara Barat untuk mengecualikan beberapa bank Rusia yang ditendan dari platform SWIFT. Platform tersebut digunakan untuk transaksi bernilai triliunan dolar di seluruh dunia.

Pasalnya, Ahli Strategi Credit Suisse Group AG Zoltan Pozsar mengatakan, larangan penggunaan SWIFT aan mengakibatkan pembayaran terlewat dan ada lubang raksasa dalam sistem perbankan Internasional. Otoritas moneter harus memulai kembali operasi harian untuk menyuntikkan dolar AS ke pasar.

“Rusia juga memiliki sekitar US$300 miliar mata uang asing yang disimpan di luar negeri, jumah itu cukup untuk mengganggu pasar uang jika dibekukan oleh sanksi atau dipindahkan tiba-tiba untuk menghindarinya,” kata Pozsar. 

10:32 WIB
Menanti Rilis Data Aktivitas Manufaktur

EURUSD akan mendapatkan movers dari perilisan data aktivitas Manufaktur dari sejumlah negera - negara maju seperti : Spanyol, Perancis, Jerman dan sejumlah negara di kawasan Euro. Bila hasilnya menunjukkan aktual angka yang lebih baik dari perkiraan maka EURUSD berpeluang bergerak menguat.

09:08 WIB
Rupiah Dibuka Melemah

Rupiah dibuka melemah 0,12 persen atau 17,5 poin ke posisi Rp14.381 per dolar AS. Di sisi lain, indeks dolar AS spot Bloomberg menunjukkan penguatan 0,13 persen atau 0,12 poin menjadi 96,82.

08:07 WIB
Rupiah Dapat Bergerak hingga Rp14.440

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang memperkirakan mata uang garuda bakal bergerak di rentang Rp14.310 sampai dengan Rp14.440.


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper