Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gercep! Baru IPO, Avian (AVIA) Suntik Anak Usaha Rp1,4 Triliun

Avian meningkatan modal di salah satu anak usaha senilai Rp1,41 triliun, setelah resmi listing di Bursa Efek Indonesia kemarin.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  17:17 WIB
Produsen cat PT Avia Avian Tbk. (AVIA) dari Grup Tancorp, resmi menjadi perusahaan tercatat ke-50 di Bursa Efek Indonesia sepanjang 2021, pada Rabu (8/12 - 2021). Istimewa
Produsen cat PT Avia Avian Tbk. (AVIA) dari Grup Tancorp, resmi menjadi perusahaan tercatat ke-50 di Bursa Efek Indonesia sepanjang 2021, pada Rabu (8/12 - 2021). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen cat PT Avia Avian Tbk. langsung menginjeksikan modal kepada anak usaha setelah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia,

Dalam keterbukaan informasi, Sekretaris Perusahaan Avia Avian Kurnia Hadi Sinanto menyampaikan perseroan meningkatkan modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor di PT Tirtakencana Tatawarna (TKTW) yang merupakan entitas anak perseroan.

Adapun, transaksi ini dilakukan pada 8 Desember 2021. Emiten dengan kode saham AVIA tersebut mengambil 2,83 juta saham di PT Tirtakencana Tatawarna atau senilai Rp1,41 triliun.

Wijono Tanoko yang merupakan Direktur Utama Avia Avian dan Komisaris Utama Tirtakencana Tatawarna mengambil bagian 2 saham atau senilai Rp1 juta.

“Tujuan peningkatan modal oleh TKTW akan digunakan untuk modal kerja sebesar Rp950 miliar yang a.l. namun tidak terbatas pada pembayaran kepada pemasok, pembelian persediaan, biaya operasional, dan modal kerja lainnya,” tulis Kurnia, Kamis (9/12/2021).

Selanjutnya modal senilai Rp85 miliar akan diguanakan sebesar Rp85 miliar untuk infrastruktur TI, peralatan kantor, dan kendaraan operasional di TKTW. Sisanya Rp380 miliar digunakan untuk melunasi utang pokok bank kepada Bank Mandiri.

PT Avia Avian Tbk. dengan kode saham AVIA telah mencatatkan sebanyak 6,2 miliar saham dengan harga penawaran Rp930 di BEI pada Rabu (8/12/2021). Dari aksi korporasi itu, AVIA meraup dana segar Rp5,77 triliun dalam aksi korporasi ini.

Presiden Direktur Avia Avian Wijono Tanoko mengatakan dana IPO itu akan digunakan perseroan untuk kepentingan ekspansi serta pelunasan beberapa utang.

“Avian Brands berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan distribusi in-house-nya yang istimewa dan meningkatkan jejak kakinya di seluruh Indonesia, termasuk kota tier 1 hingga tier 4, untuk memastikan produk-produk perseroan dapat menembus seluruh pasar domestik dan terjangkau bagi konsumen Indonesia,” tulis Wijono dalam siaran pers, Rabu (8/12/2021).

Selain itu, AVIA juga bermaksud untuk terus berinvestasi ke produk-produk yang inovatif guna memperbesar portofolio solusi arsitektural dengan kesadaran merek yang kuat. Beberapa produk inovatif itu meliputi Sunguard All-in-One, Supersilk Anti Noda, Avitex, No Drop dan Avian.

Selain itu, untuk terus mendukung prospek pertumbuhan dari lini bisnisnya, produsen cat dengan merek Avian ini berencana memulai pembangunan fasilitas manufaktur andalan terbaru di Cirebon dengan target operasional mulai 2025.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo cat Tancorp Avian
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top