Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dapat Dana Rp9,3 Triliun dan Grab Masuk, Emtek (EMTK) Fokus Dua Hal

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) akan fokus dalam pengembangan ekonomi digital dan layanan kesehatan dalam 3 tahun ke depan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 April 2021  |  15:55 WIB
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten holding teknologi dan kesehatan, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menargetkan pengembangan bisnis rumah sakit dan ekonomi digital sepanjang 3 tahun mendatang.

Target ini seiring datangnya suntikan dana hingga Rp9,3 triliun yang datang dari dengan Naver Corporation, mesin pencari web terbesar di Korea Selatan, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc menjadi pembeli saham yang mewakili sekitar 8,4 persen dari perusahaan.

Adapun, H Holdings Inc., terafiliasi dengan Grab Holdings Inc. (Grab) dan menjadi investor yang telah mengambil bagian atas saham baru yang diterbitkan. Kepemilikan saham H Holdings Inc. di perseroan adalah sebesar 4,6 persen dan saham yang diterbitkan oleh perseroan.

Dana ini datang melalui skema private placement atau Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) yang dilaksanakan pada 31 Maret 2021 yang memperbesar modal yang disetor oleh perseroan.

Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli menjelaskan selama beberapa tahun terakhir, perseroan telah mengembangkan bisnisnya di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital.

Baru-baru ini perseroan telah melaksanakan penambahan modal (PMTHMETD) untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya terutama di bidang-bidang tersebut.

"Perseroan telah mengakuisisi saham pengendali di PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. [SAME] dan juga mendanai dan turut serta dalam, penerbitan saham baru di perusahaan tersebut untuk mendukung pengembangan bisnis dan mencapai target pertumbuhannya. Perseroan berencana untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di bidang pelayanan kesehatan selama tiga tahun ke depan," jelasnya dalam keterbukaan informasi, Senin (19/5/2021).

Emtek juga memiliki ketertarikan terhadap penerbitan digital, platform streaming video, pembayaran uang elektronik, dan e-commerce. Berbagai bisnis digital tersebut masih berkembang dan membutuhkan modal selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan dan pertumbuhannya.

"Mengingat Perseroan memiliki beberapa investasi strategis di ekosistem digital, kami yakin akan ada peluang baru dalam ekonomi digital yang dapat dimanfaatkan Perseroan dengan menggunakan modal yang dihimpun melalui PMTHMETD," katanya.

Perseroan juga tidak menutup kemungkinan peluang tersebut akan berkaitan dengan bisnis Grab, atau peluang baru yang dapat dikembangkan melalui kerja sama antara Grab dan emiten bersandi EMTK tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elang mahkota teknologi emtek OMNI Hospital grab indonesia
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top