Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Premium

Di Balik Melonggarnya Kendali Emtek (EMTK) terhadap DANA, Ada Grab dan SoftBank?

17 April 2021 | 12:40 WIB
Kendali PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) di dompet digital DANA dikabarkan tergerus setelah perusahaan tersebut melepas sahamnya ke pihak lain. Apa kaitannya dengan Grab dan SoftBank?

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar bahwa Grab Inc, perusahaan transportasi daring yang berbasis di Singapura, ikut membeli 4 persen saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) alias Emtek lewat partisipasi mereka dalam private placement perseroan baru-baru ini, langsung menggemparkan publik.

Aksi yang pertama kali disorot oleh The Strait Times tersebut membuat desas-desus konsolidasi antara DANA dengan OVO dan LinkAja, dua perusahaan dompet digital yang sempat disuntik pendanaan oleh Grab kembali berembus kencang.

DANA, layanan dompet digital yang dikelola oleh sebuah perusahaan bernama PT Espay Debit Indonesia Koe (EDIK), memang kental dengan aroma Emtek.

Berdasarkan salinan akta perusahaan terbaru yang diperoleh Bisnis pada Kamis (16/4/2021), tak kurang dari 99,9 persen saham EDIK masih dikuasai oleh PT Elang Sejahtera Mandiri (ESM). ESM merupakan perusahaan yang hampir 100 persen sahamnya dikuasai oleh PT Elang Andalan Nusantara (EAN), yang terafiliasi dengan Emtek.

Sementara itu, 0,01 persen saham lainnya digenggam oleh Alvin Sariaatmadja, putra kandung bos Emtek Eddy Sariaatmadja.

Selain EAN (lewat keberadaan ESM) dan Alvin, ada tiga nama lain yang tercantum dalam akta perusahaan. Ketiganya adalah sosok yang punya posisi strategis di dalam gurita bisnis Keluarga Sariaatmadja, yakni Sutiana Ali (menjadi Direktur Utama), Henry Aiswaratioso (menjadi Wakil Direktur Utama), dan Yuslinda Nasution (menjadi Komisaris). Namun, ketiganya tidak memiliki selembar pun saham EDIK.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top