Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waskita Karya (WSKT) Siapkan Anak Usaha Melantai di Bursa Tahun Depan

Waskita Beton Precast (WSBP) pun menjadi satu-satunya anak usaha emiten dengan kode saham WSKT tersebut yang sudah menjadi perusahaan tercatat.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  18:47 WIB
Pekerja berjalan di dekat logo PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja berjalan di dekat logo PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. akan membawa anak usaha untuk melantai di Bursa Efek Indonesia paling lambat pada awal 2023.

Anak usaha emiten berkode saham WSKT yang akan go public itu adalah PT Waskita Realty dari lini bisnis investasi.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono menjelaskan perseroan belum memiliki rencana aksi korporasi selain divestasi aset pada tahun ini.

“Kami merencanakan pada 2022 atau awal 2023 untuk Waskita Realty jadi perusahaan terbuka. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana,” ujar Destiawan, Selasa (5/1/2021).

Adapun, Grup Waskita memiliki tiga lini bisnis yaitu investasi, konstruksi, dan industri. Bisnis inti dari grup ini adalah konstruksi yang dikerjakan oleh Waskita Karya.

Bisnis investasi terdiri dari tiga anak usaha yaitu PT Waskita Toll Road, PT Waskita Realty, dan PT Waskita Infrastruktur, sedangkan bisnis industri terdiri dari PT Waskita Beton Precast Tbk. dan PT Waskita Infrastruktur.

Waskita Beton Precast (WSBP) pun menjadi satu-satunya anak usaha emiten dengan kode saham WSKT tersebut yang sudah menjadi perusahaan tercatat.

Berdasarkan laman resmi perseroan, sejarah PT Waskita Realty bermula ketika Waskita Karya membentuk divisi sarana papan dan mengerjakan proyek properti perumahan pada 1982. Selanjutnya pada 2012, Waskita Realty didirikan sebagai divisi dari WSKT yang fokus pada penyediaan layanan di sektor properti.

Pada akhir 2014, Waskita Realty resmi menjadi anak usaha WSKT setelah induk usahanya melakukan spin off pada 16 Oktober 2014.

PT Waskita Realty memiliki portofolio proyek yang tersebar di Sumatra, Jawa, Bali, hingga Makassar dengan brand Vasaka untuk apartemen dan Teraskita untuk perhotelan.

Di Jawa, perseroan mengelola Teraskita Hotel, Vasaka Solterra, Waskita Rajawali Tower, Vasaka Nines, Brooklyn, Yukata Suites di kawasan Jabodetabek. Ada pula Maison Teraskita Bandung di Bandung dan 88Avenue di Surabaya.

Di Bali, Waskita Realty memiliki Vasaka Bali dan di Makassar ada Teraskita Hotel. Sementara di Medan, perseroan memiliki Vasaka The Reiz Condo

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN ipo emiten konstruksi waskita karya anak usaha
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top