Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Sadar Dana Darurat, Minat ke Reksa Dana Ini Meningkat

Reksa dana pasar uang menjadi pilihan di tengah pandemi seiring dengan tingginya kebutuhan dana darurat.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Minat terhadap reksa dana pasar uang meningkat pesat selama pandemi. Reksa dana jenis ini dinilai paling ideal sebagai instrumen investasi bagi investor untuk menyimpan dana darurat mereka.

Platfrom perencana keuangan digital FUNDtastic mencatat pertumbuhan dana kelolaan mereka mengalami kenaikan selama pandemi dengan rata-rata 10-20 persen setiap bulannya setelah sempat terkoreksi selama Maret hingga Mei 2020.

Co-founder dan Chief Investment officer FUNDtastic Franky Chandra mengatakan per akhir September dana kelolaan platform yang berdiri sejak akhir 2019 ini telah mencapai Rp106 miliar, dengan komposisi 70 persen di antaranya adalah produk reksa dana pasar uang.

“Hal ini sesuai dengan komitmen kita agar masyarakat memprioritaskan dana darurat,” ujarnya dalam sesi pertemuan vitual bersama Bisnis Indonesia, Senin (5/10/2020).

Franky menjelaskan, platform-nya memang menaruh fokus khusus di reksa dana pasar uang sebagai salah satu instrumen investasi untuk kebutuhan dana darurat. Pasalnya, dana darurat dinilai penting karena banyak hal yang tak terduga seperti PHK dan lainnya.

“Kita sebagai platform financial planner selalu mengajarkan pentingnya dana darurat yaitu enam bulan kebutuhan hidup. Lebih dari itu dananya bisa digunakan untuk investasi seperti saham dan sebagainya,” terangnya.

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Franky juga menilai masyarakat saat ini mulai menyadari akan pentingnya mempersiapkan dana darurat, terutama di era resesi dan krisis seperti saat ini. Pun, masyarakat mulai memahami karakter instrumen investasi yang cocok untuk kebutuhannya.

“Ini terlihat dari produk reksa dana pasar uang yang menjadi produk paling diminati dalam platform FUNDtastic, artinya adalah masyarakat mulai paham saat terjadi krisis dan resesi, ada Dana Darurat itu penting, dan yang menarik bukan hanya itu, bahkan mereka juga paham dan memilih sesuai kebutuhan, masuknya ke Pasar Uang,” tutur dia.

Dia mengatakan bahwa mayoritas investor FUNDtastic merupakan generasi milenial dan dia mengaku senang dapat membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan melalui platform digital.

“Saya rasa FUNDtastic cukup senang dapat menjadi bagian dalam membentuk kebiasaan positif tersebut, itu merupakan salah satu literasi keuangan yang berdampak baik untuk masyarakat” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper