Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil RUPS Indosat (ISAT): Jajaran Komisaris Berubah

RUPST memutuskan untuk mempertahankan jajaran direksi seperti semula, sedangkan untuk jajaran komisaris ada sedikit perubahan.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  17:42 WIB
Komisaris Independen Indosat Elisa Lomboturuan (kiri) dan Direktur Utama Indosat Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama, dalam RUPS pada Senin (20/7 - 2020). Istimewa
Komisaris Independen Indosat Elisa Lomboturuan (kiri) dan Direktur Utama Indosat Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama, dalam RUPS pada Senin (20/7 - 2020). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Rapat Umum Pemegang Saham PT Indosat Tbk. (ISAT) memutuskan perombakan jajaran komisaris.

Komisaris Independen Indosat Elisa Lumbantoruan mengatakan pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan yang diadakan pada Senin (20/7/2020), para pemegang saham bersepakat untuk menggunakan laba untuk belanja modal perseroan.

“Dividen telah diputuskan untuk digunakan untuk menambah belanja modal atau capex [capital expenditure] perseroan,” ujarnya saat public expose Indosat, Senin (20/7/2020).

Dalam pembukuan keuangan 31 Desember 2019, emiten bersandi ISAT ini mencatatkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,54 triliun, berbalik untung dibandingkan tahun sebelumnya yang merugi Rp2,40 triliun.

Menurutnya, keputusan tersebut dapat membuat perusahaan lebih cepat bertumbuh karena penggunaan laba sebagai capex akan jauh lebih efisien dibandingkan jika perseroan harus mencari dana dari luar, misalnya dari perbankan.

“Dana dari perbankan tentu akan lebih mahal, sedangkan kalau dari korporasi tentu akan lebih murah dan akan lebih cepat untuk pertumbuhan. Saya kira pemegang saham melihat ini adalah kesempatan bagi perseroan untuk lebih agresif di industri,” tutur Elisa.

Adapun selain memutuskan penggunaan laba tahun buku 2019, RUPST juga memutuskan untuk mempertahankan jajaran direksi seperti semula. Sementara untuk jajaran komisaris ada sedikit perubahan.

Dalam jajaran komisaris tahun ini, selain penggantian Komisaris Utama yakni Mohammed bin Abdulla Al Thani menggantikan Waleed Mohamed, ada sejumlah nama baru salah satunya Sri Adiningsih sebagai anggota komisaris. Sri menjadi satu-satunya perempuan dalam jajaran komisaris maupun direksi perseroan.

Elisa mengatakan pemilihan Sri sebagai anggota komisaris baru berdasarkan kemampuan dan pengalamannya baik di bidang akademisi maupun korporasi. Selain itu, sosok perempuan juga dinilai akan menambah keberagaman dalam jajaran pimpinan ISAT.

“Indosat menginginkan talent terbaik untuk masuk jajaran perseroan termasuk di komisaris. Kita juga berharap adanya female leader dalam Indosat. Saya rasa dua hal ini sudah menjadi alasan sangat kuat untuk memilih beliau,” ungkap Elisa.

Berikut Susunan Direksi dan Komisaris Indosat per 20 Juli 2020:

Jajaran Direksi

1. Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama, Direktur Utama
2. Eyas Naif Saleh Assaf, Direktur
3. Arief Musta’in, Direktur
4. Vikram Sinha, Direktur
5. Irsyad Sahroni, Direktur Independen

Jajaran Komisaris

1. Sheikh Mohammed bin Abdulla Al Thani, Komisaris Utama
2. George Bowring Challenor, Komisaris
3. Sri Adiningsih, Komisaris
4. Heru Pambudi, Komisaris
5. Afini Boer, Komisaris
6. Andrew Tor Oddvar Kvålseth, Komisaris
7. Nigel Thomas Byrne, Komisaris
8. Syed Maqbul Quader, Komisaris Independen
9. Elisa Lumbantoruan, Komisaris Independen
10. Wijayanto Samirin, Komisaris Independen

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat komisaris RUPS
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top