Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar 'Over The Top' (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Premium

XL Axiata (EXCL) vs Indosat (ISAT), Siapa Lebih Cuan Saat WFH?

12 Mei 2020 | 19:30 WIB
Periode bekerja dari rumah (work from WFH) membuat kebutuhan internet semakin boros sehingga persaingan XL Axiata dan Indosat semakin ketat

Bisnis.com, JAKARTA— PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bersaing semakin ketat. Namun, siapa yang lebih cuan saat WFH?

Dari investor memo kuartal I/2020 kedua emiten, operator telekomunikasi ini harus menerima bahwa jumlah pelanggan mereka tereduksi dalam tiga bulan.

Pada tiga bulan pertama tahun 2020, Indosat hanya memiliki 56,2 juta pelanggan. Angka ini turun 3,1 juta pelanggan atau 5,23 persen dibandingkan dengan kuartal IV/2019 yakni 59,3 juta pelanggan.

Adapun, penurunan jumlah pelanggan berasal dari pelanggan prabayar yang turun 5,4 persen dibanding kuartal IV/2019 saat pelanggan pascabayar stagnan.

Kondisi yang sama terjadi pada XL Axiata namun dengan penurunan yang lebih rendah. Jumlah nomor aktif di jaringan pada kuartal I/2020 menyentuh 55,49 juta nomor.

Jumlah tersebut turun 1,21 juta atau 2,1 persen dibandingkan dengan kuartal IV/2019 yakni 56,7 juta nomor. Namun, penurunan hanya terjadi pada nomor prabayar yakni 1,29 juta saat nomor pascabayar justru tumbuh dari 1,07 juta menjadi 1,15 juta.   

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top