Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Operasional Darma Henwa (DEWA) Mei 2020 Naik Signifikan

Volume pengupasan lapisan tanah (Overburden Removal/ OB) perseroan pada Mei 2020 berhasil tumbuh signifikan 37,1 persen menjadi 10,44 juta bcm dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 7,61 juta bank cubic meter.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  18:59 WIB
Presiden Komisaris PT Darma Henwa Tbk  Muhammad Lutfi (dari kanan) berbincang dengan Presiden Direktur Saptari Hoedaja, Direktur Ivi Sumarna Suryana, dan Komisaris Kanaka Puradiredja, usai RUPS di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Presiden Komisaris PT Darma Henwa Tbk Muhammad Lutfi (dari kanan) berbincang dengan Presiden Direktur Saptari Hoedaja, Direktur Ivi Sumarna Suryana, dan Komisaris Kanaka Puradiredja, usai RUPS di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja operasional emiten kontraktor pertambangan, PT Darma Henwa Tbk., untuk periode Mei 2020 berhasil mencatatkan pertumbuhan meskipun masih dibayangi sentimen pandemi Covid-19.

Berdasarkan data perseroan, volume pengupasan lapisan tanah (Overburden Removal/ OB) perseroan pada Mei 2020 berhasil tumbuh signifikan 37,1 persen menjadi 10,44 juta bcm dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 7,61 juta bank cubic meter.

Realisasi volume OB itu pun lebih baik dibandingkan dengan April 2020 yang hanya mencatatkan 9,33 juta bcm.

Dengan demikian, emiten berkode saham DEWA itu mencatatkan volume OB sebesar 59,91 juta bcm pada lima bulan pertama tahun ini, naik 31,81 persen dari volume periode sama tahun lalu sebesar 39,38 juta bcm.

Selain itu, DEWA juga mencatatkan pertumbuhan tipis pengiriman batu bara menjadi sebesar 1,37 juta ton pada Mei 2020, sedangkan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 1,32 juta ton.

Hingga Mei 2020, DEWA telah mengirim batu bara sebanyak 7,76 juta ton, tumbuh 27,19 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar 6,1 juta ton.

Sekretaris Perusahaan Darma Henwa Mukson Arif Rosyidi mengatakan bahwa kinerja periode Mei 2020 berhasil berbalik positif seiring dengan kondisi cuaca semakin baik dan pembatasan sosial mulai berangsur longgar, sehingga mobilitas suku cadang dan rantai pasokan semakin baik.

Perseroan pun berkomitmen untuk melanjutkan implementasi protokol Covid-19 terkait pendekatan keselamatan dan kesehatan semua klien, dan pekerja.

Adapun, perseroan masih optimistis dapat mencetak kinerja operasional yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu kendati dibayangi pandemi.

“Kami berharap bahwa pencapaian volume overburden removal DEWA tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 119,73 juta bcm, coal delivery tahun ini pun akan meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ujar Mukson kepada Bisnis.

Di sisi lain, Mukson mengaku tengah mengkaji besaran alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) dan target-target lainnya yang sudah ditetapkan pada awal tahun ini.

Dia menjelaskan sebagian besar rencana penggunaan capex digunakan untuk penambahan serta perbaikan mesin dan peralatan produksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten tambang Kinerja Emiten darma henwa tbk
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top