5 Terpopuler Market, Ini Pergerakan IHSG Sehari Jelang Pilpres dan Rupiah Diklaim Kebal Sentimen Pemilu

Kondisi pergerakan IHSG sehari jelang Pilpres 2019 menjadi berita terpopuler di kanal Market Bisnis.com pada hari Selasa (16/4/2019).
Ahmad Rifai | 16 April 2019 11:32 WIB
Direktur Utama PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) Lilis Setiadi menyampaikan sambutan pada peluncuran Reksa Dana yang dapat diperdagangkan di bursa Exchange Traded Fund (ETF) yaitu Batavia IDX30 ETF dan Batavia SRI-KEHATI ETF, di Jakarta, Rabu (27/3/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

1. Pergerakan IHSG Sehari Jelang Pilpres

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada awal perdagangan hari ini, Selasa (16/4/2019), sehari menjelang perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan IHSG terpantau menguat 0,13 persen atau 8,17 poin ke level 6.443,33 pada pukul 09.10 WIB, setelah dibuka dengan kenaikan 0,09 persen atau 5,57 poin di level 6.440,72.

Baca selengkapnya di sini.

2. Kinerja Tertekan Jelang Pemilu, Sektor Barang Konsumsi Masih Berpeluang Menguat

Sektor industri barang konsumsi masih berpotensi menjadi sektor yang berkinerja unggul sepanjang tahun ini, meskipun pada awal April ini kinerja indeksnya mengalami tekanan dan mulai berbalik negatif.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, hingga Jumat (12/4/2019) pekan lalu, dalam dua pekan awal April, kinerja indeks sektor barang konsumsi berbalik negatif dari yang semula positif per kuartal I/2019 sebesar 1,20% ytd menjadi -1,06% ytd.

Baca selengkapnya di sini.

3. Antisipasi Volatilitas Tinggi Akibat Pilpres, Investor Agar Masuk ke Reksa Dana Pasar Uang

Para investor reksa dana disarankan untuk dapat masuk ke produk reksa dana pasar uang terlebih dahulu pada bulan ini untuk mengantisipasi volatilitas yang terjadi di pasar saham.

Kondisi pasar saham menjelang Pemilu terpantau sedikit volatil. Selama month-to-date, pergerakan IHSG terpantau melemah 0,97% kendati secara year-to-date masih tumbuh 3,88% pada akhir pekan lalu.

Baca selengkapnya di sini.

4. WTI dan Brent Melemah, Ini Faktor Penekannya

Harga minyak mentah Amerika Serikat melemah pada perdagangan Senin (14/4/2019) setelah kenaikan mingguan terpanjang dalam tiga tahun.

Pelemahan juga dipicu karena pendapatan bank yang mengecewakan menghidupkan kembali ketidakpastian tentang kekuatan ekonomi.

Baca selengkapnya di sini.

5. Rupiah Diklaim Kebal Sentimen Pemilu

Laju pergerakan rupiah dinilai kebal dari sentimen politik dalam negeri menjelang Pemilu 2019, yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

Bagaimana tidak, tinggal hitungan jari menuju Pemilu, mayoritas analis masih cukup percaya diri pergerakan rupiah tidak akan terpengaruh signifikan oleh pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca selengkapnya di sini.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, Rupiah, investor, wti, reksa dana, volatilitas, harga minyak brent, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup