Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditetapkan PKPU, Anak Usaha BUMN ID FOOD Pastikan Kegiatan Usaha Tetap Berjalan

Anak usaha holding pangan ID FOOD, Rajawali Nusindo memastikan tetap menjalankan kegiatan usaha dan operasional perusahaan di tengah penetapan status PKPU.
Anak usaha holding pangan ID FOOD, Rajawali Nusindo memastikan tetap menjalankan kegiatan usaha dan operasional perusahaan di tengah penetapan status PKPU./ dok. ID FOOD
Anak usaha holding pangan ID FOOD, Rajawali Nusindo memastikan tetap menjalankan kegiatan usaha dan operasional perusahaan di tengah penetapan status PKPU./ dok. ID FOOD

Bisnis.com, JAKARTA – PT Rajawali Nusindo, subholding PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD, memastikan kegiatan usaha dan operasional tetap berjalan di tengah persoalan gagal bayar utang alias berstatus PKPU.

Sebagaimana diketahui, Rajawali Nusindo ditetapkan gagal membayar utang atau berstatus penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) berdasarkan putusan Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 5 Agustus 2024.

Sekretaris Perusahaan Rajawali Nusindo Sofyan Effendi mengatakan selama proses PKPU berjalan, Rajawali Nusindo akan tetap menjalankan kegiatan usaha dan operasional perusahaan secara wajar dengan mengedepankan prinsip kepatuhan.

“Kami pastikan perusahaan konsisten dalam mengutamakan dan menjaga kepercayaan mitra, prinsipal, stakeholders dan konsumen. Hal ini sejalan dengan komitmen manajemen untuk memastikan going concern Nusindo tetap berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Jumat (9/8/2024).

Rajawali Nusindo diketahui bergerak dalam bidang distribusi dan perdagangan. Produk yang dipasarkan antara lain konsumsi, alkes, produk farmasi, hasil perkebunan, serta alat dan sarana perkebunan. Nusindo juga memiliki 43 kantor representatif di 38 provinsi.

Sofyan menuturkan bahwa di tengah persoalan yang dihadapi, perusahaan akan mengikuti proses keadaan PKPU sementara selama 45 hari sesuai ketentuan perundang-undangan.

Menurutnya, Rajawali Nusindo selaku debitur akan melakukan pendekatan ke kreditur sebagai upaya penyelesaian. Selain itu, perusahaan juga akan bertindak secara kooperatif dan memastikan proses bisnis tetap berjalan seperti biasa.

“Kami juga memiliki komitmen serta niat yang kuat melakukan langkah-langkah pendekatan kepada kreditur dalam rangka menyelesaikan kewajiban yang dimiliki perusahaan,” ujarnya.

Di sisi lain, berdasarkan laporan keuangan akhir 2023, induk usaha Rajawali Nusindo yakni ID FOOD meraih laba bersih Rp100,92 miliar atau berbalik dari rugi Rp314,59 miliar pada 2022.

Meski demikian, kinerja penjualan ID FOOD terpantau turun. Perusahaan membukukan penjualan Rp15,23 triliun pada 2023 atau terkoreksi 3,49% year-on-year (YoY).

Capaian itu ditopang oleh segmen penjualan gula putih yang berkontribusi mencapai Rp926,52 miliar, diikuti penjualan ayam dan telur sebesar Rp565,27 miliar, sementara penjualan goodie bag tembus Rp40,31 miliar pada 2023.

Adapun beban pokok juga turun 5,58% YoY menjadi Rp13,26 triliun pada tahun lalu. Perolehan ini membuat ID FOOD membukukan laba kotor sebesar Rp1,97 triliun atau meningkat 14,40% jika dibandingkan periode 2022 yang meraih Rp1,72 triliun.

Setelah diakumulasikan dengan pendapatan dan beban lainnya, ID FOOD meraih laba sebelum pajak penghasilan sebesar Rp285,84 miliar pada 2023. Capaian tersebut berbalik arah dari kinerja 2022 yang mencatatkan rugi sebelum pajak Rp260,61 miliar.

_________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper