Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Saham GOTO Terbang 12%, Tertinggi Sejak Maret

Pergerakan harga saham GOTO membukukan kenaikan harian tertinggi sejak Maret pada Selasa (23/7/2024) pukul 10:59 WIB.
Foto: Dok. GoTo
Foto: Dok. GoTo

Bisnis.com, JAKARTA — Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) meroket pada sesi pertama Selasa (23/7/2024).

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan harga saham GOTO naik 12% ke Rp57 hingga Selasa (23/7/2024) pukul 10:59 WIB. Rapor itu menjadi kenaikan tertinggi sejak Maret 2024.

Adapun, Bloomberg melaporkan volume perdagangan saham GOTO saat ini lebih dari enam kali lipat rata-rata 20 hari.

Head of Research Sucor Sekuritas Paulus Jimmy sebelumnya menjelaskan, setelah dekonsolidasi Tokopedia, akan terlihat adanya penurunan dari sisi pendapatan. Akan tetapi, menurutnya sisi operating expenses GOTO juga menurutnya akan mengalami penurunan.

“Jadi, bagi investor lebih baik fokus pada lini bisnis on-demand services [ODS] dan fintech yang sekarang menjadi bisnis utama,” ujarnya saat dihubungi Selasa (16/7/2024).

Jimmy mengatakan GOTO sebaiknya memberikan perbandingan yang apple-to-apple antara kuartal II/2023 dengan kuartal II/2024. Pandangan itu lantaran angka kuartal II/2023 juga perlu disesuaikan dengan mengeluarkan Tokopedia.

"Untuk biaya komisi dari bisnis e-commerce kami tidak berharap banyak, karena kami mengamati beberapa tantangan untuk e-commerce di Indonesia sepertinya melemahnya daya beli masyarakat serta normalisasi promo yang sudah ada,” jelasnya.

Sucor Sekuritas mengkhawatirkan kemampuan GOTO dalam mengembangkan bisnis ODS dan menjaga pangsa pasar mereka. Hal ini mengingat persaingan masih ketat dan posisi perseroan yang masih merugi terutama dari bisnis fintech.

Adapun, Sucor Sekuritas masih belum mengubah rekomendasinya untuk saham GOTO yakni wait and see.

Dilansir dari Bloomberg, konsensus memperkirakan pendapatan tiga bulan GOTO pada kuartal II/2024 senilai Rp3,43 triliun. Realisasi ini tergerus 3,36% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp3,55 triliun.

Konsensus juga memperkirakan rugi bersih GOTO selama tiga bulan di kuartal II/2024 membaik menjadi Rp529,78 miliar, dari sebelumnya rugi sebesar Rp3,29 triliun secara tahunan. 

GoTo Gojek Tokopedia dijadwalkan akan mengumumkan kinerja keuangan kuartal II/2024 pada 30 Juli 2024. Setelah itu, GOTO akan menggelar conference call untuk mendiskusikan hasil kuartal II/2024.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper