Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Pelindo IPCM Putuskan Bagi Dividen Rp118 Miliar dan Rombak Pengurus

RUPST Grup Pelindo, PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) mengumumkan pembagian dividen senilai Rp118 miliar dan perombakan jajaran pengurus.
RUPST Grup Pelindo, PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) mengumumkan pembagian dividen senilai Rp118 miliar dan perombakan jajaran pengurus. Dok Pelindo
RUPST Grup Pelindo, PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) mengumumkan pembagian dividen senilai Rp118 miliar dan perombakan jajaran pengurus. Dok Pelindo

Bisnis.com, JAKARTA — Anak usaha Grup Pelindo, PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) mengumumkan akan membagikan dividen tahun buku 2023 senilai Rp118 miliar kepada para pemegang saham.

Keputusan tersebut sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Rabu (12/6/2024).

Direktur Utama IPCM Shanti Puruhita mengatakan, RUPST telah menyetuhui penetapan penggunaan laba perseroan tahun 2023 yang seluruhnya berjumlah Rp157,6 miliar dipergunakan sebagai dividen final sebesar Rp118 miliar atau setara Rp22,41 per saham.

"Sebagian telah dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen interim sebesar Rp20,05 miliar pada tanggal 26 Januari 2024, kemudian sisanya Rp98,2 miliar akan dibagikan pada bulan Juli 2024," kata Shanti dalam keterangan resmi, Rabu (12/6/2024).

Shanti menambahkan, keputusan pembagian dividen untuk tahun buku 2023 adalah bentuk komitmen IPCM kepada pemegang saham yang tentunya sejalan dengan dukungan dari pemegang saham kepada manajemen untuk melanjutkan rencana-rencana ekspansi bisnis perseroan.

Selain pembagian dividen, RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan yaitu mengangkat Dessy Emastari sebagai Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko menggantikan Reini Delfianti yang masa jabatannya berakhir pada penutupan Rapat yang diselenggarakan hari ini. Adapun Reini Delfianti mendapatkan penugasan pada grup PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris IPCM Tbk menjadi:

  • Komisaris Utama : Zuhri Iryansyah
  • Komisaris : R.R. Dewi Ariyani
  • Komisaris Independen : Bay Mokhamad Hasani

Adapun susunan Direksi IPCM menjadi sebagai berikut:

  • Direktur Utama merangkap Direktur Komersial danPengembangan Bisnis: Shanti Puruhita
  • Direktur Armada dan Operasi : Muhammad Iqbal
  • Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko : Dessy Emastari. P

Kinerja IPCM

Secara fundamental, sepanjang tahun 2023 IPCM telah mencatatkan laba bersih sebesar Rp 157,6 miliar meningkat 4,6% dari tahun lalu yang sebesar Rp 150,6 miliar.

Pendapatan pada 2023 naik 16,2% dari Rp980 miliar menjadi Rp1,1 triliun dengan kontributor utama pada segmen jasa pelabuhan umum sebesar Rp 525 miliar atau 46,2% dari total pendapatan, naik 4,2% dari Rp 504 miliar secara YoY.

Kontributor pendapatan lainnya adalah jasa Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) sebesar Rp 191 miliar yang memberikan kontribusi 16,8% atau naik 11,9% YoY dan Terminal Khusus (Tersus) sebesar Rp 343 miliar yang memberikan kontribusi 30,2% atau naik 71,9% YoY. Lalu diikuti jasa pengelolaan kapal dan jasa marine lainnya yang masing-masing berkontribusi senilai Rp 31 miliar dan Rp 46 miliar.

Pada tahun 2023 IPCM juga memperkuat armadanya dengan meluncurkan tiga motor pandu dan satu kapal tunda baru serta Perseroan terus aktif memperkuat bisnisnya dengan melakukan perikatan kerjasama dengan para mitra strategis sehingga berkontribusi positif pada peningkatan kinerja perseroan.

________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper