Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benteng Api Technic (BATR) Bersiap IPO, Tawarkan Harga Rp110 per Saham

PT Benteng Api Technic Tbk. (BATR) akan menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 620 dengan menawarkan harga Rp110 per saham.
PT Benteng Api Technic Tbk. (BATR) akan menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 620 dengan menawarkan harga Rp110 per saham. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
PT Benteng Api Technic Tbk. (BATR) akan menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 620 dengan menawarkan harga Rp110 per saham. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan manufaktur dan perdagangan produk refraktori, PT Benteng Api Technic Tbk. (BATR) akan menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 620 juta lembar saham dengan harga Rp110 per saham.

Melansir prospektus perusahaan, Senin (3/6/2024), jumlah saham yang ditawarkan setara dengan 20,50% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. Dengan demikian, total nilai penawaran umum tersebut mencapai Rp68,2 miliar.

Manajemen BATR menyatakan 38,65% dari dana IPO akan digunakan untuk pembelian tanah dan bangunan dari pihak terafiliasi. Adapun sekitar 10% untuk pembangunan dan perbaikan bangunan, 5,67% untuk pembelian alat laboratorium, dan 6,84% membeli mesin produksi.

“Sisanya, sekitar 38,82% akan digunakan sebagai operational expenditure [opex] berupa persediaan barang jadi dan bahan baku,” tulis manajemen dalam prospektus.

Masa penawaran umum akan dimulai 3 Juni 2024 hingga 6 Juni 2024, sementara pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijadwalkan pada 10 Juni 2024. KGI Sekuritas Indonesia akan bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

BATR juga menerbitkan 620 juta waran seri I bagi pemegang saham baru. Setiap waran memberikan hak untuk membeli satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp300, sehingga dana yang diperoleh dari hasil pelaksanaan ini maksimal Rp186 miliar.

Sementara itu, dari sisi kinerja, BATR membukukan laba bersih sebesar Rp9,32 miliar per November 2023. Adapun pendapatan usaha tercatat mencapai Rp123,18 miliar.

Total aset BATR sampai dengan akhir November 2023 mencapai Rp112,73 miliar, dengan liabilitas sebesar Rp41,43 miliar, dan ekuitas senilai Rp71,29 miliar.

Sebagai informasi, BATR yang berkedudukan di Surabaya, merupakan produsen bata tahan api, semen tahan api dan monolithic refractory. Perseroan juga memiliki spesialisasi pada engineering dan kontraktor di bidang refraktori dan insulasi.

Perseroan menyediakan produk-produk refraktori untuk kebutuhan konsumen dalam berbagai industri, seperti industri besi dan baja; industri peleburan aluminium dan tembaga; nikel dan smelter; industri semen dan kapur; serta industri petrokimia dan pupuk. 

Berikut jadwal IPO PT Benteng Api Technic Tbk. (BATR):

  • Tanggal efektif: 31 Mei 2024
  • Masa penawaran umum perdana saham: 3 – 6 Juni 2024
  • Tanggal penjatahan: 6 Juni 2024
  • Tanggal distribusi saham dan waran seri I secara elektronik: 7 Juni 2024
  • Tanggal pencatatan saham dan waran seri I di BEI: 10 Juni 2024

__________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper