Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Prajogo Pangestu Melonjak Tertinggi di Dunia, Jumat (17/5)

Taipan Prajogo Pangestu menjadi yang paling tinggi meraup kenaikan kekayaan sepanjang perdagangan Jumat (17/5/2024).
prajogo pangestu/baritopacific
prajogo pangestu/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA - Harta taipan Prajogo Pangestu melenting paling tinggi di dunia sepanjang perdagangan Jumat (17/5/2024). Berdasarkan catatan Forbes Real Time Billionaires, konglomerat pemilik Barito Pacific Group itu mereguk kenaikan kekayaan US$4,4 miliar sepanjang hari ini.

Kenaikan kekayaan itu melebihi mengembangkan harta miliarder dunia seperti Jim Walton, Alice Walton, dan Rob Walton, trio kakak beradik pemilik jaringan Walmart di Amerika Serikat.

Menurut indeks tersebut, kantong Prajogo kini bernilai US$71 miliar, menjadikannya orang terkaya nomor satu di republik ini. Jumlah kekayaan tersebut jauh melampaui Raja Batu Bara Low Tuck Kwong senilai US$26 miliar dan duo pemilik Djarum Robert Budi Hartono dan Michael Hartono yang masing-masing mengantongi US$24,7 miliar dan US$23,8 miliar.

Harta taipan berusia 80 tahun itu melesat cepat dari US$43,7 miliar pada akhir tahun lalu. Di tingkat dunia, Prajogo berada di urutan ke-23 manusia paling tajir sejagat.

Dengan jumlah pundi-pundi senilai itu, Prajogo jauh melampaui konglomerat dunia seperti Phil Knight pemilik Nike, Tadashi Yanai yang membesarkan Uniqlo di Jepang, hingga Li Ka-shing yang dikenal sebagai raja properti Asia asal Hong Kong.

Setelah melepas perusahaan pertambangan batu baranya PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) IPO di lantai bursa pada Maret 2024, Prajogo kemudian mencatatkan saham usaha energi terbarukan PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

Pada perdagangan hari ini, perusahaan induk yang membawahi BREN dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), yakni PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) menjadi salah satu saham yang aktif diperdagangkan.

Mahar sahamnya hingga Jumat (17/5/2024) pukul 15:06 WIB telah naik 8,95% ke level Rp1.400 per lembar. Pada saat yang sama, banderol BREN juga naik 4,10% ke level Rp10.800.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper