Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Prajogo Pangestu CUAN Akuisisi Tambang Batu Bara Lagi

Emiten Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) kembali melakukan akuisisi perusahaan tambang batu bara.
Wilayah operasional tambang batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN).
Wilayah operasional tambang batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN).

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten batu bara milik Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) kembali melakukan ekspansi dengan mengakuisisi tambang batu bara. Kali ini, CUAN mengakuisisi saham PT Borneo Bangun Banua Bestari (B4) dan PT Borneo Bangun Banua (B3). 

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sekretaris Perusahaan CUAN Robertus Maylando Siahaya menuturkan CUAN menyelesaikan akuisisi atas 60.000 saham atau 100% saham dalam B4 yang dimiliki oleh PT Lamiplagema Perkasa (LP) dan Tuan Maichiardshen.

CUAN juga melakukan perjanjian pengikatan jual beli saham lunas sehubungan dengan penjualan atas 30% saham di dalam B3 yaitu sebanyak 299 saham atau mewakili 29,9% saham di dalam B3 milik LP dan sebanyak 1 atau mewakili 0,01% saham di dalam B3 milik Maichiardshen.

"Penandatanganan akta jual beli untuk saham berdasarkan PPJB Lunas ini akan segera dilaksanakan setelah terpenuhinya seluruh persyaratan yang diatur dalam PPJB Lunas," tulis Robertus, Rabu (15/5/2024). 

Robertus melanjutkan dengan selesainya transaksi, maka CUAN akan menjadi pemegang saham langsung atas 100% saham di dalam B4 dan B3. 

CUAN menjelaskan B3 merupakan perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan Batu Bara (IUP) dengan wilayah kerja di Kalimantan Tengah. Sementara itu, B4 merupakan pemilik 99,9% saham di dalam B3. 

Dengan selesainya transaksi ini, lanjut Robertus, CUAN akan menjadi pemegang saham langsung atas 100% saham di dalam B4, dan secara tidak langsung di dalam B3.

"Transaksi ini sejalan dengan rencana pengembangan usaha CUAN, yang secara umum bertujuan untuk menambah aset perseroan, memperluas usaha perseroan, serta meningkatkan kapasitas produksi batu bara perseroan," tutur Robertus. 

Robertus meyakini hal ini akan memberikan nilai lebih kepada para pemangku kepentingan CUAN di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper