Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Dibuka Melemah ke Level Rp15.931, Dolar AS Ikut Loyo

Rupiah kembali dibuka melemah menuju level Rp15.931 pada Kamis (4/4/2024). Pada saat bersamaan, greenback juga mengalami penurunan.
Rupiah kembali dibuka melemah menuju level Rp15.931 pada Kamis (4/4/2024). Pada saat bersamaan, greenback juga mengalami penurunan. Bisnis/Suselo Jati
Rupiah kembali dibuka melemah menuju level Rp15.931 pada Kamis (4/4/2024). Pada saat bersamaan, greenback juga mengalami penurunan. Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali dibuka melemah menuju level Rp15.931 pada Kamis (4/4/2024). Pada saat bersamaan, greenback juga mengalami penurunan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 11 poin atau 0,07% menuju level Rp15.931 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS melemah 0,05% menuju posisi 104,20.

Adapun mata uang lain di kawasan Asia dibuka bervariasi. Won Korea, semisal, menguat 0,08%, diikuti ringgit Malaysia yang meningkat 0,34%, dan yen Jepang menguat 0,03%. Di sisi lain, baht Thailand melemah 0,13%, rupee India turun 0,06%, dan yuan China turun 0,01%.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan rupiah akan bergerak fluktuatif pada hari ini, tetapi ditutup melemah pada rentang Rp15.910 – Rp15.960.

Pada penutupan kemarin, Rabu (3/4), rupiah melemah 23 poin atau 0,14% menuju level Rp15.920 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS juga melemah 0,01% menuju posisi 104,80.

Ibrahim menyatakan dolar AS melonjak dalam beberapa sesi terakhir karena beberapa pejabat The Fed telah memberikan peringatan bahwa bank sentral berpeluang mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama dalam menghadapi inflasi.

“Isyarat lebih lanjut mengenai hal tersebut akan dirilis pada Jumat pekan ini, dengan data nonfarm payrolls untuk bulan Maret,” ujarnya.

Menurutnya, angka nonfarm payrolls secara konsisten melampaui ekspektasi dalam beberapa bulan terakhir, di tengah kekuatan yang terus-menerus dalam sektor tenaga kerja AS.

Selain itu, kata Ibrahim, risk appetite mendapat pukulan baru setelah gempa bumi di Taiwan menghancurkan infrastruktur pulau tersebut serta pabrik-pabrik chip terkemuka, dan memicu peringatan Tsunami di beberapa wilayah Jepang.

Di sisi lain, data PMI swasta sektor jasa Tiongkok menunjukkan pertumbuhan pada Maret. Angka ini muncul beberapa hari setelah PMI resmi sektor manufaktur Tiongkok bertengger di zona positif, yang menandakan membaiknya kondisi ekonomi negara tersebut.

Dari dalam negeri, tingkat inflasi Indonesia pada Maret 2024 tercatat sebesar 0,52% secara bulanan (month-to-month/MtM) atau mencapai 3,05% secara tahunan (year-on-year/YoY). Para ekonom memprediksi inflasi pada April 2024 masih tinggi.

Realisasi inflasi pada Maret 2024 masih berada dalam kisaran target 2024 yaitu 1,5%-3,5%.  Namun, angka ini tertinggi sejak Agustus 2023, dengan harga-harga pangan naik paling signifikan dalam 18 bulan terakhir atau bertepatan dengan Ramadan dan jelang Lebaran.

“Peningkatan inflasi pada Maret 2024 terutama didorong oleh inflasi harga bergejolak, khususnya harga makanan, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor di sisi penawaran dan permintaan,” ujar Ibrahim.

Selain itu, pasokan bahan makanan domestik terus terganggu akibat dampak El Nino yang masih berlangsung, meskipun pada tingkat yang lebih rendah dari periode sebelumnya.

Adapun permintaan bahan makanan naik karena dampak musiman dari bulan Ramadan, dan memiliki potensi untuk melanjutkan risiko inflasi jangka pendek. Hal ini terutama pada periode April 2024 yang bertepatan dengan momentum Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper