Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Bursa: Pengertian Saham, Cara Membeli, dan Keuntungan

Saham merupakan investasi kepemilikan nilai pada perusahaan atau sebagai bukti dalam penyertaan modal dengan berbagai keuntungan dan risiko.
Saham merupakan investasi kepemilikan nilai pada perusahaan atau sebagai bukti dalam penyertaan modal dengan berbagai keuntungan dan risiko. Bisnis/Arief Hermawan P
Saham merupakan investasi kepemilikan nilai pada perusahaan atau sebagai bukti dalam penyertaan modal dengan berbagai keuntungan dan risiko. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Saham merupakan sebuah bagian dari pasar yang membuktikan kepemilikan nilai pada perusahaan atau sebagai bukti dalam penyertaan modal.

Seorang atau badan yang memiliki saham mempunyai hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Dengan memiliki saham juga, seseorang ataupun badan dapat mengklaim kepemilikannya terhadap perusahaan terbuka.

Penerbitan saham bertujuan untuk mendapatkan dana atau modal awal perusahaan dalam pengembangan bisnis jangka panjang. Ketika perusahaan memutuskan untuk membuka pendanaan bagi perusahaannya, maka mulai dari situ lah perusahaan tersebut merupakan milik bersama sang pemegang saham.

Di sisi lain, saham merupakan instrumen investasi bagi para investor. Saham banyak dipilih oleh investor karena dinilai mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Kepemilikan saham sendiri dapat diperjual belikan melewati Bursa Efek Indonesia dengan harga yang berubah-ubah. Biasanya perubahan harga tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya permintaan dan penawaran pada saham yang diajukan.

Faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran di antaranya adalah kinerja perusahaan tersebut, kondisi industri dimana perusahaan tersebut berada, serta faktor eksternal, seperti inflasi, perkembangan tingkat suku bunga, dan lainnya.

Dalam jangka pendek, pasar saham saat ini dipengaruhi sentimen Pemilu 2024. Investor akan memantau Hasil Quick Count Pemilu 2024, Hasil Real Count KPU, dan perkembangan lain seputar pesta demokrasi 2024.

Kamus Bursa: Pengertian Saham, Cara Membeli, dan Keuntungan

Cara Membeli Saham

A. Pembelian Saham Emiten di Bursa Efek Indonesia 

Investor atau para pembeli saham, dapat melakukan pembelian saham melalui emiten di Pasar Modal atau Bursa Efek Indonesia, melalui dua cara:

  • Membeli di pasar perdana, yaitu pembelian yang dilakukan pada saat saham ditawarkan untuk pertama kalinya kepada publik (Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO/ go public.)
  • Membeli di pasar sekunder, yaitu pembelian saham yang dimiliki oleh investor lainnya melalui Perusahaan Efek (broker) yang menjadi Anggota Bursa (AB). Hanya Perusahaan Efek yang menjadi AB sajalah yang dapat melakukan jual beli saham melalui sistem perdagangan di Bursa Efek Indonesia.

 B. Cara Investor Melakukan Pembelian Saham

Investor dapat membeli saham melalui Perusahaan Efek atau sekuritas dengan cara membuka rekening pada Perusahaan Efek yang di tuju. Secara umum persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

Syarat melakukan pembelian saham

  • Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dengan disertakan identitas diri seperti KTP/ Passport atau tanda pengenal pendukung beserta foto copy.
  •  Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Perusahaan Efek dan mengisi formulir Prinsip Mengenai Nasabah (Know Your Client Principle) Ketentuan tersebut termasuk dengan menyampaikan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Membuka rekening di Bank sesuai dengan ketentuan yang diberikan Perusahaan Efek yang bersangkutan dan menyetorkan sejumlah uang sebagai deposit awal.
  • Masing masing Perusahaan Efek (broker) memiliki ketentuan minimal uang deposit yang berbeda beda, mulai dari Rp100.000 hingga Rp10 juta.
  • Setelah disetujui, investor sudah siap untuk bertransaksi.

Dengan pembelian saham di suatu perusahaan, pemilik saham akan mendapatkan hak suara atas perusahaan sahamnya yang dia miliki. Besar kecilnya hak suara tersebut tergantung dari seberapa besar presentase saham yang dimiliki.

Semakin besar presentase saham yang dimiliki pada perusahaan tersebut, maka semakin besar pula hak suara yang didapatkan. Selain hak suara, pemegang saham juga berhak atas kehadiran pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Kamus Bursa: Pengertian Saham, Cara Membeli, dan Keuntungan

Keuntungan Investasi Saham

Selain memiliki keuntungan terhadap pengakuan kepemilikan, pemegang saham juga mendapatkan beberapa keuntungan dan pembagian terhadap sistem dan kerja perusahaan yang dituju. Hal tersebut dapat berupa pembagian keuntungan maupun fasilitas lainnya yang dapat diberikan oleh perusahaan terhadap pemilik saham.

Beberapa keuntungan dari Investasi Saham

Capital Gain

Merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam investasi saham, yang berartikan nilai saham yang dijual lebih besar dibandingakan pada saat membeli. Biasanya selisih harga jual yang didapatkan ini akan memberikan keuntungan yang kemudian di sebut dengan capital gain.

Para trader harian biasanya akan memantau turun naiknya harga saham pada waktu waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari capital gain.

Misalnya, investor membeli saham ABCD di harga Rp100 per saham. Kemudian, dia menjualnya di harga Rp200 per saham dalam beberapa waktu ke depan. Artinya, dia mendapatkan capital gain dari saham 100%.

Keuntungan Tinggi

Investasi saham merupakan invstasi yang menawarkan keuntungan yang tinggi. Bahkan dalam waktu yang cukup singkat, peningkatan investasi saham cukup kompetitif jika dibandingan dengan investasi yang lainnya.

Namun, sesuai prinsip investasi high risk high return. Profil risiko saham tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti reksa dana ataupun obligasi. 

Fleksibel

Saat ini, investasi saham merupakan pilihan yang sangat mudah dan lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan smartphone yang Anda miliki.

Saat ingin melakukan pembelian saham, investor sudah tidak perlu membeli secara langsung pada perusahaan sekuritas. Saat ini perusahaan juga sudah memiliki platform online yang dapat dimanfaatkan dan diakses oleh investor.

Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan dari sebuah perusahaan yang diberikan secara merata kepada pemegang saham sesuai dengan besar kepemilikan saham yang dimiliki oleh investor.

Dividen biasanya akan dibagikan setahun sekali berdasarkan kinerja perusahaan setelah satu tahun. Namun, jika perusahaan mengalami kerugian atau membutuhkan modal kerja maka dividen tidak dibagikan. (Fasya Kalak Muhammad)

Kamus Bursa: Pengertian Saham, Cara Membeli, dan Keuntungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper