Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samcro Hyosung (ACRO) Tawarkan Saham IPO Rp103-Rp108, Cek Rinciannya

Samcro Hyosung Adilestari (ACRO) menggelar masa penawaran saham IPO selama 15-22 Desember 2024.
Webby Type produksi PT Samcro Hyosung Adilestari/Dok.Perusahaan.
Webby Type produksi PT Samcro Hyosung Adilestari/Dok.Perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan industri dan perdagangan hook & loop PT Samcro Hyosung Adilestari Tbk. (ACRO) berencana menawarkan saham perdana atau initial public offering (IPO) dengan kisaran harga Rp103 hingga Rp108 per saham. 

Mengutip data prospektus, Jumat (15/12/2023), ARCO akan menawarkan 693,82 juta saham seri A atau sebanyak-banyaknya 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nominal Rp20 per saham. 

ACRO memberikan harga penawaran awal di rentang Rp103 hingga Rp108 per saham, alhasil dana segar yang diraup dari hajatan IPO ini maksimal sebesar Rp74,93 miliar. 

ACRO secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 231,27 waran seri I atau sebanyak-banyaknya 8,33%  dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO. Waran Seri I memiliki rasio 1:3 terhadap saham baru, artinya 3 saham baru berhak atas 1 waran. 

Waran Seri I memiliki harga pelaksanaan Rp186, total hasil pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp43,01 miliar. 

Adapun ACRO akan menggunakan 30% dana IPO untuk pembelian mesin dengan rincian 60% pembelian mesin dalam rangka pengembangan produk baru dan 40% pembelian mesin dalam rangka peningkatan dan otomatisasi proses produksi

Kemudian sekitar 10% akan digunakan untuk membayar pinjaman dolar AS dari PT Bank Woori Saudara 1906 Tbk.

Selanjutnya sekitar 15% dengan rincian 80,76% akan digunakan untuk sewa gudang dan kantor di Jawa Tengah dan Jawa Timur serta 19,24% akan digunakan untuk membeli kendaraan operasional dan peralatan gudang dan kantor di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja, termasuk untuk pembelian kebutuhan bahan baku dan membiayai kegiatan operasional seperti biaya marketing, biaya SDM, biaya promosi, biaya desain kemasan, biaya perbaikan, pemeliharaan mesin dan bangunan, serta biaya overhead pabrik.

Samcro Hyosung Adilestari berdiri sejak 21 Juli 1989. Perseroan bergerak dalam bidang industri dan perdagangan yang memproduksi berbagai macam produk berupa perekat Hook dan Loop/Magic Tape atau Pita Pengait rekat dan webbing tape. Hook dan Loop merupakan alternatif pengganti kancing dan resleting.

Indikasi Jadwal IPO Samcro Hyosung Adilestari (ACRO):

  • Masa Penawaran Awal: 15 - 22 Desember 2023
  • Perkiraan Tanggal Efektif: 29 Desember 2023
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum: 2 – 8 Januari 2024
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan: 8 Januari 2024
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I Secara Elektronik: 9 Januari 2024
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I DI Bursa Efek Indonesia: 10 Januari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper