Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham AMMN, NCKL, RAAM, MAHA Masuk Indeks FTSE, Cek Kinerjanya

Sejumlah saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti AMMN, NCKL, RAAM, dan MAHA masuk ke dalam indeks FTSE.
Sejumlah saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti AMMN, NCKL, RAAM, dan MAHA masuk ke dalam indeks FTSE. Bisnis/Himawan L Nugraha
Sejumlah saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti AMMN, NCKL, RAAM, dan MAHA masuk ke dalam indeks FTSE. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti AMMN, NCKL, RAAM, dan MAHA masuk ke dalam indeks FTSE. 

The Financial Times Stock Exchange (FTSE) adalah indeks global yang menjadi 1 dari 3 provider besar. Indeks tersebut menyediakan tolak ukur yang inovatif, analisa dan solusi data bagi investor di seluruh dunia selama lebih dari 30 tahun.

FTSE juga mendalami penelitian untuk ESG dengan proses rating yang transparan dan objektif karena menggunakan lebih dari 300 indikator.

Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russel Group merupakan organisasi finansial di Inggris yang memiliki spesialisasi menyediakan indeks untuk acuan pasar keuangan global.

Suatu saham yang masuk dalam kriteria FTSE dinilai memiliki fundamental yang kuat dan likuiditas yang baik. Alhasil, saham yang masuk indeks FTSE berpotensi menjadi pertimbangan investor, terutama investor asing.

Perubahan tersebut terjadi pada saham-saham kategori kapitalisasi menengah (mid cap), kapitalisasi kecil (small cap), dan kapitalisasi mikro (micro cap).

Dalam laporan Tinjauan Kuartalan FTSE Global Equity Index Desember 2023, tim FTSE menyebutkan perubahan tinjauan triwulanan berikut ini akan berlaku efektif pada hari Senin, 18 Desember 2023 (yaitu setelah penutupan bisnis pada hari Jumat, 15 Desember 2023).

Perubahan tinjauan indeks yang disertakan dalam file terlampir dapat direvisi hingga penutupan bisnis pada hari Jumat, 1 Desember 2023. Efektif Senin, 4 Desember 2023, perubahan tinjauan indeks akan dianggap final.

Perubahan berikutnya umumnya hanya bersifat final. dipertimbangkan dalam keadaan luar biasa, sesuai dengan kebijakan dan pedoman penghitungan ulang FTSE Russell.

Berikut Saham di Bursa Efek Indonesia yang Masuk FTSE

  • Large Cap: AMMN
  • Mid Cap: NCKL
  • Micro Cap: MAHA, RAAM

Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) berada di posisi Rp7.575 per Jumat (17/11/2023). Sejak listing pada 7 Juli 2023 di harga Rp1.695, saham Grup Medco tersebut melonjak ratusan persen.

Saham PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) juga pendatang baru tahun ini. Grup Harita itu listing di BEI pada 12 April 2023 di harga Rp1.250. Kini, sahamnya berada di posisi Rp1.085.

Di sektor jasa pertambangan, PT Mandiri Herindo Adiperkasa Tbk. (MAHA) tercatat di BEI pada 25 Juli 2023 di harga Rp118. Saat ini, saham MAHA berada di posisi Rp210.

Emiten film, PT Tripar Multivision Plus Tbk. (RAAM) masuk Bursa pada 8 Mei 2023 di harga Rp234. Kini, sahamnya berada di posisi Rp585. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper