Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Dana IPO Rp40 Miliar, Anugerah Spareparts (AEGS) Mau Bangun Pabrik & Gudang Baru

PT Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS) membidik dana IPO sebesar Rp40 miliar. Rencananya dana IPO itu akan digunakan untuk membangun pabrik dan gudang baru.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Calon emiten komponen otomotif, PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) membidik dana IPO sebesar Rp40 miliar. AEGS telah menetapkan harga penawaran senilai Rp100 per saham.

Dalam prospektus IPO, AEGS akan melepas sebanyak 400 juta saham baru dengan nominal Rp50 per saham, atau setara 39,76 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Alhasil, dengan harga penawaran sebesar Rp100 per saham, maka AEGS berpeluang meraup dana segar hasil IPO sebanyak-banyaknya Rp40 miliar.

Adapun, dana hasil IPO sekitar Rp10,30 miliar akan digunakan untuk pembelian tanah beserta bangunan pabrik, kantor dan gudang di daerah Cirebon, Jawa Barat. Kemudian sebanyak Rp1,26 miliar akan digunakan untuk pembangunan gudang baru.

Selanjutnya AEGS akan menggunakan Rp3,66 miliar dana IPO untuk belanja modal pabrik penunjang operasional seperti pembelian reach truck, forklift 3 ton TCM Mesin diesel, mesin bubut Winho, dan-lain-lain. Sementara sisanya untuk modal kerja, modal operasional, dan pembelian persediaan perseroan.

Ditinjau kinerja keuangannya, sepanjang 2022 AEGS membukukan penjualan sebesar Rp27,61 miliar atau naik 60,41 persen secara year-on-year (yoy) dibandingkan 2021 sebesar Rp17,21 miliar.

Beban pokok penjualan pun naik menjadi Rp23 miliar dibanding Rp14,01 miliar pada 2021. Alhasil, laba bersih AEGS sepanjang 2022 sebesar Rp825,88 dibanding periode tahun sebelumnya Rp122,77 miliar.

Untuk menarik minat calon investor, selain menawarkan saham, AEGS juga menerbitkan waran seri I sebanyak 100 juta atau setara 16,50 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I ini memiliki rasio 1:4 terhadap saham baru, artinya setiap pemegang 4 saham baru berhak memperoleh 1 waran seri I.

Waran ini memiliki nilai nominal Rp50 dengan harga pelaksanaan sebesar Rp90. Dana yang dapat diraih dari penerbitan waran ini adalah Rp9 miliar.

Sebagai informasi, PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) didirikan pada tahun 2015 dan bergerak di bidang industri filter kendaraan bermotor yaitu filter oli dan filter bahan bakar, serta perdagangan filter udara, dan filter kabin AC.

Berikut Jadwal IPO Anugerah Spareparts Sejahtera (AEGS):

  • Tanggal Efektif : 31 Ag ustus 2023
  • Masa Penawaran Umum : 4 – 7 September 2023
  • Tanggal Penjatahan : 7 September 2023
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I : 8 September 2023
  • Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I : 11 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper