Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anugerah Spareparts (AEGS) IPO, Tawarkan Harga Rp90 Hingga Rp100 per Saham

PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) berencana melakukan IPO dengan harga penawaran Rp90 hingga Rp100 per saham.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Calon emiten PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) berencana melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) dengan harga Rp90 hingga Rp100 per saham. 

AEGS yang bergerak di bidang usaha industri filter kendaraan bermotor menawarkan sebanyak-banyaknya 400 juta saham biasa atau setara 39,76 persen dari modal di tempatkan dan disetor penuh setelah IPO. 

Saham biasa yang ditawarkan memiliki nilai nominal Rp50 per saham. Dengan harga penawaran Rp90 hingga Rp100 per saham, maka maksimal dana segar yang dapat diraih AEGS adalah Rp40 miliar. 

Selain menawarkan saham, AEGS juga menerbitkan waran seri I sebanyak 100 juta atau setara 16,50 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I ini memiliki rasio 1:4 terhadap saham baru, artinya setiap pemegang 4 saham baru berhak memperoleh 1 waran seri I. 

Waran ini memiliki nilai nominal Rp50 dengan harga pelaksanaan sebesar Rp90. Dana yang dapat diraih dari penerbitan waran ini adalah Rp9 miliar. 

Adapun berdasarkan prospektus, AEGS berencana menggunakan Rp10,30 miliar untuk pembelian tanah beserta bangunan pabrik, kantor dan gudang di daerah Cirebon, Jawa Barat. Kemudian sebanyak Rp1,26 miliar akan digunakan untuk pembangunan gudang baru. 

Selanjutnya AEGS akan menggunakan Rp3,66 miliar dana IPO untuk belanja modal pabrik penunjang operasional. Sementara sisanya untuk modal kerja, modal operasional yang akan digunakan untuk pembelian persediaan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi. 

Sementara itu, hingga periode Februari 2023, jumlah aset lancer AEGS tercatat sebesar Rp18,64 miliar atau naik 9 persen dibandingkan dengan periode Desember 2022 yang tercatat sebesar Rp17,03 miliar. 

Kenaikan tersebut disebabkan oleh meningkatnya kas dan bank sebesar Rp3.01 miliar atau sebesar 202 persen menjadi Rp4,50 miliar karena adanya penerimaan kas penjualan dari pelanggan, pinjaman kepada pemegang saham, serta kenaikan atas uang muka. 

Pada pelaksanaan hajatan IPO ini, AEGS menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek. 

Adapun rencana jadwal IPO AEGS yaitu perkiraan masa penawaran awal pada 22-24 Agustus, perkiraan tanggal efektif 31 Agustus, masa penawaran umum 4-7 September, tanggal penjatahan 7 September, tanggal distribusi saham 8 September dan tanggal pencatatan di Bursa Efek 11 September 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper