Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kado Manis HUT ke-46 Pasar Modal, 10 Saham IPO selama Sepekan

Sebanyak 10 saham resmi mencatakan saham perdana (initial public offering/IPO) selama perdagangan 7-11 Agustus 2023.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 10 saham resmi mencatakan saham perdana (initial public offering/IPO) selama perdagangan 7-11 Agustus 2023. Hal ini pun menjadi kado manis bagai pasar modal Indonesia yang merayakan HUT ke-46 pada pekan tersebut.

PT Minahasa Membangun Hebat Tbk (HBAT) dan PT Multi Garam Utama Tbk. (FOLK) menjadi dua perusahaan yang resmi melantai pada pekan awal perdagangan, Senin (7/8/2023).

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yulianto Aji Sadono menuturkan bahwa HBAT sebagai perusahaan tercatat ke-54 pada tahun ini mencatatkan sahamnya di papan akselerasi. Emiten ini bergerak di sektor serta subsektor properti dan real estate. 

Sementara itu, FOLK sebagai perusahaan tercatat ke-55, mencatatkan sahamnya di papan pengembangan BEI. FOLK bergerak di sektor industrial dan subsektor multisektor holdings

Sehari berselang, terdapat saham PT Paperocks Indonesia Tbk. (PPRI), PT Ingria Pratama Capitalindo Tbk. (GRIA), PT Sinar Eka Selaras Tbk. (ERAL), dan PT ITSEC Asia Tbk. (CYBR) yang resmi mencatatkan namanya di papan bursa. 

“PPRI bergerak pada sektor dan subsektor basic materials. Industri dan subindustri PPRI adalah kontainer dan pengemasan, sedangkan GRIA mencatatkan sahamnya di papan pengembangan BEI dan menjadi perusahaan tercatat ke-57 di BEI pada tahun 2023,” ujar Yulianto dalam siaran pers dikutip pada Sabtu (12/8/2023). 

Sementara itu, ERAL mencatatkan sahamnya di papan utama BEI. Anak usaha PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) ini diketahui bergerak pada sektor konsumer cyclicals dan subsektor ritel. Adapun industri emiten ini adalah specialty retail dengan subinduistri ritel elektronik. 

Berikut daftar saham IPO selama sepekan:

  1. PT Minahasa Membangun Hebat Tbk (HBAT)
  2. PT Multi Garam Utama Tbk (FOLK)
  3. PT Paperocks Indonesia Tbk (PPRI)
  4. PT Ingria Pratama Capitalindo Tbk (GRIA)
  5. PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL)
  6. PT ITSEC Asia Tbk (CYBR)
  7. PT Mutuagung Lestari Tbk. (MUTU)
  8. PT Humpuss Maritim International Tbk. (HUMI)
  9. PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk. (LMAX)
  10. PT Multisarana Intan Eduka Tbk. (MSIE)

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami peningkatan selama perdagangan sepekan 7-11 Juli 2023. Peningkatan ini seturut dengan terapresiasinya kapitalisasi pasar dan rata-rata nilai transaksi harian. 

IHSG terpantau meningkat dari level 6.852,842 menjadi 6.879,979. Perubahan ini mencerminkan kenaikan 0,40 persen dibandingkan pekan sebelumnya. 

Adapun nilai kapitalisasi pasar selama periode perdagangan itu meningkat 0,90 persen menjadi Rp10.056 triliun atau dari posisi sebelumnya Rp9.967 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Pada saat bersamaan, BEI mencatatkan peningkatan rata-rata nilai transaksi harian, yaitu sebesar 5,28 persen menjadi Rp12.245 triliun dari Rp11.631 triliun dari pekan sebelumnya. 

Di sisi lain, rata-rata volume mengalami penurunan sebesar 19,55 persen dibandingkan periode pekan sebelumnya, atau dari 22,507 miliar lembar saham menjadi 18,108 miliar lembar saham.

Selain itu, rata-rata frekuensi juga menurun 4,29 persen menjadi 1.090.176 kali transaksi atau dari sepekan lalu yang mencapai 1.139.039 kali transaksi. 

BEI juga mencatat investor asing pada Jumat (11/8) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp278,80 miliar dan sepanjang tahun ini membukukan nilai bersih Rp7,039 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper