Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Private Placement MCAS Direstui, Cek Strategi Bisnis Motor Listrik Volta

Emiten teknologi PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS) telah mendapatkan restu private placement  dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).
Ilustrasi bisnis PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS)/Dok.Perusahaan.
Ilustrasi bisnis PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS)/Dok.Perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS) telah mendapatkan restu dari para pemegang saham untuk menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (nonHMETD) atau private placement  dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Rabu, (14/6/2023).

Perlu diketahui, MCAS akan menerbitkan maksimal 86,79 juta saham dengan nominal Rp100 per saham atau setara 10 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor. Sedangkan harga pelaksanaan akan diumumkan kemudian sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di pasar modal.

Director and Corporate Secretary MCAS Rachel Siagian mengatakan hingga saat ini pihaknya belum memiliki calon pemodal definitif yang akan mengambil bagian atas saham-saham baru yang akan diterbitkan dalam private placement.

"Dalam RUPSLB kami sudah mendapatkan persetujuan untuk rencana private placement. Namun saat ini kami belum memiliki calon pemodal yang definitif, tapi dalam waktu dekat setelah pelaksanaan private placement pasti akan kami umumkan ke publik," ujar Rachel dalam paparan publik Rabu, (14/6/2023).

Terkait penggunaan dana, sekitar 30 persen dana hasil private placement akan digunakan untuk modal kerja termasuk pembelian barang dagang berupa produk digital, kendaraan listrik, suku cadang, dan perangkat pendukung lainnya.

Kemudian sekitar 70 persen dana private placement akan digunakan untuk investasi yang mencakup peningkatan kepemilikan lewat pembelian saham di para entitas anak dan berbagai perusahaan lainnya yang memiliki prospek usaha cerah serta mendukung penguatan ekosistem digital yang dimiliki MCAS.

Group Head of Investor Relations Grup MCAS, Zefanya Angeline Halim menambahkan perseroan membidik pertumbuhan pendapatan naik 10-15 persen secara year-on-year (yoy). Salah satu strateginya yakni dengan menggenjot penjualan motor listrik Volta milik Grup MCAS.

"Target penjualan Volta tahun ini 27.000 unit, dan untuk kapasitas produksi tahun ini 4.000 unit per bulan. Ekspektasi kami kapasitas produksi Volta dapat mencapai 5.000 unit per bulannya," ujar Zefanya.

Sejauh ini, MCAS telah memiliki fasilitas stasiun penukaran baterai di lebih dari 300 titik yang tiap titiknya mampu menyediakan sebanyak 11 slot baterai motor listrik. Selain battery swap, MCAS juga memiliki fasilitas pengisian baterai fast charging.

Zefanya mengatakan perseroan juga akan melakukan ekspansi diler motor listrik Volta pada tahun ini, dengan target hingga 200 diler.

"Jaringan diler kami saat ini ada 107 diler, rencananya akan berkembang sekitar 150-200 jaringan diler seiring dengan ekspansi yang kami lakukan," pungkas Zefanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper