Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emas Antam Lebih Dilirik Dibanding Emas Perhiasan, Ini Alasannya

Pembeli logam mulia Antam kerap didominasi oleh generasi milenium berkat tren investasi emas. 
Emas perhiasan./Reuters
Emas perhiasan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas perhiasan bergerak bervariasi namun masih dalam tren positif sejak awal tahun meskipun pembeli lebih berminat pada emas logam mulia Antam. 

Kepala Toko Mas Indonesia Indah Melawai Plaza mengatakan emas perhiasan dengan kadar 75 persen atau emas 22k mengalami tren kenaikan harga dibandingkan dengan awal tahun. 

“Kalau dibandingkan dengan awal tahun, harganya naik sekitar Rp50.000 hingga Rp75.000 per gram,” katanya kepada Bisnis, Selasa (9/5/2023). 

Harga emas perhiasan tersebut tidak banyak berubah dan tidak seperti Logam Mulia yang lebih fluktuatif. Adrian mengatakan meskipun emas logam mulia Antam mengalami kenaikan harga, hal itu tidak berpengaruh terhadap harga emas. 

“Untuk harga emas perhiasan yang 75 persen harganya masih sama dengan harga sebelumnya, kenaikan harga Antam tidak berpengaruh kalau tidak naik signifikan,” lanjutnya. 

Seperti yang diketahui, berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, pada Selasa (9/5/2023), harga emas 24 karat Antam ukuran 1 gram dijual Rp1.063.000 naik Rp4.000 dibandingkan dengan hari sebelumnya. Sementara itu, emas satuan terkecil dengan ukuran 0,5 gram dibanderol seharga Rp581.500, naik Rp2.000 dari harga kemarin.   

Adapun, emas 24 karat Antam ukuran 5 gram hari ini dijual dengan harga Rp5.090.000 dan emas batangan dengan satuan 10 gram dibanderol dengan harga Rp10.125.000.

Adrian juga menyebutkan bahwa saat ini peminat logam mulia lebih banyak dibandingkan emas perhiasan. Pembeli logam mulia tersebut didominasi oleh generasi milenium berkat tren investasi emas. 

“Bukan beralih, tetatapi minat logam mulia yang bertambah dari generasi milenium,” ujarnya. 

Senada, Kepala Toko Mas Singgalang HS Rozik mengatakan harga emas tidak banyak berubah sejak awal tahun namun masih cenderung naik sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per gram. Namun Rozik tidak merincikan harga emas perhiasan di tokonya saat ini. 

“Harga hari ini sama dengan kemarin, kalau dibanding awal tahun cenderung naik,” katanya. 

Mengenai tren minat pembeli, saat ini Rozik mengaku emas perhiasan mengalami penurunan peminat namun untuk logam mulia justru meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper