Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Perhiasan Berbeda dengan Emas Antam, Ini Penyebabnya

Meskipun harga emas perhiasan juga mengacu kepada harga emas Antam, namun ada perbedaan harga jual.
Seorang  pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018)./Bisnis-Arief Rahman
Seorang pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018)./Bisnis-Arief Rahman

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas perhiasan yang dijual di berbagai toko emas memiliki perbedaan dibanding harga emas batangan 24 karat dari PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam.

Berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam pada Minggu, (7/5/2023), harga emas 24 karat Antam ukuran 1 gram dijual Rp1.059.000 turun Rp15.000 dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.  

Sementara itu, meskipun harga emas perhiasan juga mengacu kepada harga emas Antam, namun ada perbedaan karena harga jual perhiasan sudah dihitung dengan ongkos pembuatan dengan desain tertentu.

Berdasarkan pantauan Bisnis di Pusat Emas Cikini, rata-rata toko emas tidak memiliki standar harga perhiasan yang baku, sehingga terdapat perbedaan juga antara satu toko dengan yang lainnya.

"Kalau harga perhiasan tergantung desain, bisa diupdate sesuai dengan jenis dan model perhiasan yang diinginkan customer," ujar Khrisha Mahtani, pemilik toko emas Kryshna Jewelry kepada Bisnis, Minggu, (7/5/2023).

Sebagai informasi, umumnya perhiasan emas dibuat dengan kadar di bawah 23 karat dan tentunya harus dicampur dengan logam lain agar tidak mudah rusak. Sementara emas 24 karat sangat jarang dibuat menjadi perhiasan karena sifatnya yang lunak.

"Perhiasan tidak bisa dibuat dengan 24 karat, kecuali beberapa factory yang membuat 23 karat. Kalau harga di toko kami hari ini emas 24 karat Rp1.055.000 per gram, dan harga jualnya Rp930.000" katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, harga emas global yang sedang tinggi berimbas kepada jumlah konsumen yang membeli emas perhiasan di toko miliknya.

"Kalau market sedang tidak stabil, kadang sepi tetapi juga kadang ada pembeli," pungkas Khrisha.

Adapun, beberapa pemilik toko emas di Cikini saat berbincang dengan Bisnis mengatakan bahwa emas perhiasan juga cocok untuk dijadikan investasi seperti emas batangan Antam, namun hal itu untuk investasi jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper