Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: GIAA Tak Bisa Bagi Dividen dan Bisnis FMC Emiten Telekomunikasi

Dividen Garuda Indonesia (GIAA) dan bisnis FMC emiten telekomunikasi menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Pesawat Garuda Indonesia berada di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (26/11/2018)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda Indonesia berada di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (26/11/2018)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Para pembaca Kanal Market Bisnis.com tertarik dengan kabar dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA).

Walaupun maskapai tersebut membukukan laba Rp58,85 triliun, tetapi tidak dapat membagikan dividen.

Lalu, berita lain yang banyak dibaca adalah mengenai bisnis fixed mobile convergence (FMC) dari emiten telekomunikasi.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Bukukan Laba Rp55,8 Triliun, Garuda Indonesia Tidak Bisa Berbagi Dividen

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) tidak bisa menggunakan laba US$3,73 miliar atau setara Rp58,85 triliun (kurs Rp15.748). Hal ini lantaran laba merupakan non kas dari pembalikan utang.

Direktur GIAA Prasetio mengatakan laba yang dibukukan perseroan merupakan non kas karena adanya pembalikan utang sehingga dibukukan sebagai ekuitas. Laba juga merupakan keuntungan dari pembalikan utang hasil restrukturisasi.

“Ya tidak bisa digunakan karena itu tidak bisa dibagikan dividen. Laba tersebut non cash, tapi ya sudah US$3,7 miliar itu tidak bisa dipakai karena itu cuma buku,” ujar Prasetio di Jakarta dikutip Minggu (16/4/2023).

2. Harga Emas Antam Stagnan Hari Ini, Paling Murah Rp583.500

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam tercatat stagnan pada perdagangan Minggu (16/4/2023). Cetakan termurah dihargai Rp583.500.

Berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga dasar emas 24 karat ukuran 1 gram dijual Rp1.067.000.

Harga ini sama dengan hari sebelumnya, Sabtu (15/4/2023). Sementara itu, emas satuan terkecil dengan ukuran 0,5 gram dibanderol seharga Rp583.500 atau dibandingkan harga kemarin.

3. Telkom (TLKM) Rambah FMC, Smartfren (FREN) Tertarik Ikutan?

Emiten telekomunikasi berlomba masuk ke bisnis fixed mobile convergence (FMC), dengan yang terbaru adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) yang memisahkan Indihome dan menggabungkannya dengan Telkomsel.

Lantas, apakah emiten telekomunikasi lain seperti PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) tertarik mengikuti jejak Telkom? Direktur FREN Gisela Lesmana mengatakan FREN juga ikut mendesain bisnis FMC.

Pihaknya melihat FMC bisa menjawab permasalahan dan menjadi solusi atas kebutuhan konsumen FREN.

4. Kilau Saham Antam (ANTM) Siap Diuji, Segini Targetnya

Harga emas global terperosok pada akhir perdagangan jumat, yang turut membuat harga emas lokal seperti produksi dari PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mengalami penurunan harga.

Mengutip data Bloomberg, Minggu (16/4/2023) harga emas Comex untuk kontrak Juni 2023, turun 1,92 persen atau 39,50 poin ke US$2.015,80 per troy ons.

Sementara itu, harga emas spot terpantau turun 1,77 persen atau 36,05 persen ke US$2.004,17.

5. Garuda Indonesia Habiskan Rp4,5 Triliun Dana Rights Issue Buat Pesawat

Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menyebut dana hasil rights issue lewat penawaran umum terbatas (PUT) II senilai Rp7,77 triliun hanya menyisakan Rp2 triliun.

Direktur GIAA Prasetio mengatakan perseroan telah menggunakan sebanyak Rp4,5 triliun untuk melakukan pembayaran avtur atau bahan bakar, maintenance reserve, pemeliharaan dan restorasi pesawat, sewa pesawat, serta biaya restrukturisasi.

“Kebanyakan untuk menghidupkan kembali pesawat yang grounded,” ujar Prasetio di Jakarta dikutip Minggu (16/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper