Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPIA, CPIN, BIRD jadi Saham Pilihan Ajaib Sekuritas Hari Ini

Ajaib Sekuritas merekomendasikan saham TPIA, CPIN, BIRD hari ini di tengah konsolidasi IHSG.
Ajaib Sekuritas merekomendasikan saham TPIA, CPIN, BIRD hari ini di tengah konsolidasi IHSG. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ajaib Sekuritas merekomendasikan saham TPIA, CPIN, BIRD hari ini di tengah konsolidasi IHSG. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak mixed dalam rentang 6.727 hingga 6.867 pada perdagangan hari ini, Jumat (14/4/2023) setelah pada perdagangan sebelumnya IHSG ditutup melemah 0,2 persen. 

Financial Expert Ajaib Sekuritas Chisty Maryani menjelaskan IHSG akan bergerak mixed dalam range 6.727 – 6.867 dengan beberapa sentimen seperti proyeksi pertumbuhan ekonomi, defisit anggaran pemerintah AS, dan neraca dagang China yang surplus. 

International Monetary Fund (IMF) merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5 persen dari proyeksi sebelumnya di level 4,8 persen untuk tahun 2023 dan meningkat menjadi 5,1 persen di tahun 2024. 

“Kenaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi Ini mencerminkan Indonesia masih dapat tumbuh dengan baik di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian,” kata Chisty.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat hingga akhir Maret 2023 telah menerima Rp 80,08 triliun kas negara setelah menaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) 11 persen sejak April 2022.

Dari mancanegara, Amerika Serikat mencatat defisit anggaran pemerintah AS yang tumbuh 63 persen YoY menjadi sebesar US$1,1 triliun. Besaran defisit untuk bulan Maret 2023 tercatat mencapai sebesar US$378 miliar. Tumbuhnya defisit anggaran tersebut didorong oleh pengeluaran yang lebih tinggi untuk Pendidikan, tunjangan Kesehatan, dan pembayaran bunga utang. 

Sementara itu, Neraca dagang China periode Maret 2023 tercatat surplus sebesar US$88,19 miliar lebih tinggi dibanding ekspektasi US$9,2 miliar. 

Seiring dengan sentimen tersebut, beberapa saham menjadi pilihan Ajaib Sekuritas, yaitu:

BIRD

Buy : 1.640

TP : 1.690

Stop loss : 1.600

Tertahan di MA-100 dengan volume meningkat signifikan indikasi rebound, stochastic goldencross di area oversold dan MACD bar histogram bearish terbatas.

 

TPIA

Buy : 2.230

TP : 2.300

Stop loss : 2.180

Doji candle signal indecision, namun volume stabil dan stochastic goldencross di area oversold. Speculative buy potensi rebound jangka pendek.

 

CPIN

Buy : 4.530

TP : 4.670

Stop loss : 4.400

Hammer candle pada fase bearish indikasi reversal, volume meningkat, stochastic di area oversold dan MACD bar histogram bearish terbatas.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper