Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karpet Merah IPO Harita Nickel (NCKL) yang Listing Besok di Bursa

IPO NCKL diwarnai permintaan dari investor mancanegara, mulai dari dari Eropa, sebagian Asia dan Amerika Serikat, untuk mencapai target dana jumbo Rp10 triliun.
Suasana tambang nikel Trimegah Bangun Persada (NCKL) milik Harita Group./Istimewa
Suasana tambang nikel Trimegah Bangun Persada (NCKL) milik Harita Group./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Calon emiten Grup Harita, PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) atau Harita Nickel siap melantai di bursa mulai besok, Rabu (11/4/2023). Sejumlah investor dari mancanegara disebut ikut memborong saham Harita Nickel selama periode penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. 

Presiden Direktur Harita Nickel Roy Arman Arfandy mengatakan minat investor terhadap IPO NCKL cukup tinggi, termasuk dari investor asing.

“Minatnya tinggi, investornya berasal dari banyak negara terutama dari Eropa, sebagian Asia dan Amerika Serikat,” katanya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Dalam IPO, NCKL menetapkan harga Rp1.250 saham setelah melihat animo saat periode bookbuilding yang dilaksanakan pada 15-24 Maret 2023. Harga tersebut merupakan batas atas dari rencana harga awal di kisaran Rp1.220 – Rp1.250 per saham.

Di samping permintaan dari mancanegara, manajemen NCKL juga optimistis IPO bisa mencapai dana yang ditargetkan melihat permintaan dari investor instusi yang cukup banyak dan sudah melebihi dari target IPO.

“Namun, kami tetap akan IPO dengan target pendanaan yang sudah ada yaitu sekitar US$650juta atau hampir Rp10 triliun,” ungkapnya.

Perseroan melepas 7.997.600.000 saham baru pada IPO ini. Selanjutnya dilaksanakan employment and support allowance (ESA) sebanyak 35 juta saham. Jumlah saham IPO yang dilepas mewakili 12,67 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dengan skenario tersebut, pelaksaan IPO dan pelepasan saham oleh NCKL akan meraup dana Rp10,04 triliun. Perinciannya sebesar Rp9,99 triliun dari IPO dan Rp43,75 miliar dari ESA.

Dari dana yang diperoleh pada IPO setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham, akan dialokasikan sekitar 5,46 persen untuk pembayaran seluruh utang kepada PT Harita Jayaraya. Selanjutnya, sekitar 6,05 persen akan digunakan untuk pembayaran seluruh utang kepada PT Dwimuria Investama Andalan.

Kemudan, sekitar 15,13 persen akan digunakan untuk pembayaran seluruh utang kepada Oversea-Chinese Banking Corporation Limited (OCBC) dan PT Bank OCBC NISP Tbk. (OCBC NISP), dan sekitar 0,89 persen akan digunakan oleh Perseroan untuk pembayaran seluruh utang outstanding Fasilitas Term Loan 1 dan Fasilitas Term Loan 3 kepada OCBC NISP.

Selain itu, sekitar 2,12 persen akan digunakan oleh NCKL untuk belanja modal (capital expenditure), sekitar 32,27 persen untuk keperluan entitas anak dan entitas asosiasi yang akan disalurkan melalui setoran modal dan pinjaman. Sementara sisanya sekitar 38,08 persen akan digunakan untuk modal kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper