Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Beragam, Dow Jones Berhasil Naik

Wall Street berakhir beragam pada Rabu (5/4/2023) di tengah tanda pelemahan ekonomi AS dan rencana The Fed.
Wall Street berakhir beragam pada Rabu (5/4/2023) di tengah tanda pelemahan ekonomi AS dan rencana The Fed. Bloomberg/Michael Nagle
Wall Street berakhir beragam pada Rabu (5/4/2023) di tengah tanda pelemahan ekonomi AS dan rencana The Fed. Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Wall Street berakhir beragam pada Rabu (5/4/2023), dengan S&P 500 dan Nasdaq merosot setelah gelombang data ekonomi yang lemah memperdalam kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve yang cepat dapat menyebabkan ekonomi AS masuk ke dalam resesi.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 80,34 poin atau 0,24 persen, menjadi menetap di 33.482,72 poin. Indeks S&P 500 tergelincir 10,22 poin atau 0,25 persen, menjadi berakhir di 4.090,38 poin. Indeks Komposit Nasdaq terpangkas 129,46 poin atau 1,07 persen, menjadi ditutup pada 11.996,86 poin.

Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor konsumer non-primer dan industri masing-masing turun 2,04 persen dan 1,3 persen, memimpin kerugian. Sementara itu, sektor utilitas naik 2,57 persen, merupakan kelompok berkinerja terbaik.

Institute for Supply Management (ISM) melaporkan Rabu (5/4/2023) bahwa PMI (Indeks Manajer Pembelian) jasa-jasa AS turun menjadi 51,2 persen pada Maret dari 55,1 persen pada Februari. Laporan tersebut menyoroti ekspansi sektor jasa-jasa tetapi meleset dari perkiraan para analis.

Di tempat lain, perusahaan jasa penggajian ADP mengatakan bahwa penggajian swasta AS naik 145.000 pada Maret, turun dari 261.000 pada Februari dan jauh di bawah perkiraan para ekonom sebesar 210.000.

Laporan tersebut muncul sehari setelah data yang menunjukkan jumlah lowongan pekerjaan AS pada Februari turun menjadi 9,9 juta, level terendah sejak Mei 2021.

Laporan situasi ketenagakerjaan AS Maret yang diawasi lebih ketat, yang akan mencakup data ketenagakerjaan dari sektor swasta dan pemerintah, dijadwalkan akan dirilis pada Jumat (7/4/2023) oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja.

Kerugian Wall Street baru-baru ini sebagai reaksi terhadap tanda-tanda perlambatan ekonomi menandai perubahan dari beberapa bulan terakhir, ketika investor menyambut data ekonomi yang lemah atas dasar bahwa itu mungkin berarti kenaikan suku bunga Fed berhasil dan bahwa Fed dapat melonggarkan kampanyenya untuk mengendalikan inflasi yang tinggi selama puluhan tahun.

"Kita mungkin telah beralih dari anggapan bahwa 'berita buruk adalah kabar baik' menjadi 'berita buruk adalah berita buruk'," kata Jay Hatfield, kepala eksekutif dan manajer portofolio di InfraCap di New York. "Ketakutan akan resesi adalah tema yang dominan."

Nvidia Corp turun 2,1 persen dan merupakan salah satu saham yang paling membebani S&P 500 setelah unit Google Alphabet Inc mengatakan superkomputer yang digunakannya untuk melatih model kecerdasan buatannya lebih cepat dan lebih hemat daya daripada komponen sebanding yang dibuat oleh pembuat cip itu.

Tesla Inc jatuh 3,7 persen, sementara Amazon dan Apple turun lebih dari 1,0 persen, menarik turun Nasdaq dan membalikkan keuntungan di beberapa perusahaan paling berharga di Wall Street dalam beberapa minggu terakhir.

Caterpillar yang dipandang sebagai penentu arah untuk sektor industri, turun 1,8 persen, membawa kerugiannya selama dua hari terakhir menjadi 7,0 persen karena investor mengkhawatirkan potensi penurunan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper