Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer: Jadwal Pembagian Dividen 8 Emiten hingga Profil Menpora Baru Dito Ariotedjo

Tanggal pembayaran dividen 8 emiten dan profil Dito Ariotedjo menjadi topik terpopuler Bisnis.com sepanjang hari kemarin.
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Bisnis.com sepanjang hari Senin (3/4/2023) banyak mencari tahu mengenai jadwal pembayaran dividen dari emiten-emiten besar.

Setidaknya, sebanyak 8 emiten jumbo telah menetapkan jadwal pembagian dividen pada bulan ini. Selain itu, profil dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang dilantik Presiden Jokowi kemarin juga menjadi berita terpopuler.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler Bisnis.com pada Senin (3/4/2023):

1. April Banjir Dividen Jumbo, 8 Emiten Umumkan Tanggal Pembayaran

April ini bakal menjadi periode yang diramaikan dengan jadwal pembagian dividen bernilai jumbo, termasuk dari emiten bank besar dan emiten tambang batu bara. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) hingga PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) masuk dalam daftar tersebut.

Teranyar, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ITMG pada Kamis (30/3/2-23) menyetujui pembagian US$774 juta atau 65 persen dari laba bersih tahun buku 2022 sebagai dividen kepada para pemegang saham perseroan.

Sebesar US$299,5 juta atau setara dengan Rp4.128 per saham telah didistribusikan kepada pemegang saham sebagai dividen interim tunai pada 22 November 2022.

2. Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 3 April 2023

Nilai tukar rupiah hari ini berpeluang diwarnai fluktuasi dolar AS di tengah lonjakan harga minyak akibat keputusan secara mendadak OPEC+ untuk memangkas produksi. Rupiah juga akan terpengaruh data inflasi Indonesia untuk Maret 2023 yang dirilis hari ini.

Harga minyak melonjak pada Senin (3/4/2023) setelah Arab Saudi dan produsen minyak OPEC+ lainnya mengumumkan pengurangan produksi lebih dari 1 juta barel per hari, yang berpotensi mengancam inflasi global.

Mengutip data Bloomberg, pada 08.30 WIB, minyak West Texas Intermediate (WTI) melonjak 5,10 persen ke posisi US$79,53 per barel, sementara minyak Brent naik 5,03 persen ke level US$83,91 per barel.

3. Harga Emas Hari Ini Senin 3 April 2023, Investor Beralih ke Dolar AS

Harga emas berisiko tertekan pada Senin (3/4/2023) menyusul aksi beli dolar AS karena meredanya kekhawatiran krisis perbankan di Paman Sam.

Laporan Monex Investindo Futures menyebutkan harga emas berpeluang bergerak turun menguji level support US$1.953. Harga emas tertekan aksi beli dolar AS.

"Harga emas tertekan dipicu oleh aksi beli dolar AS di tengah meredanya kekhawatiran krisis perbankan berpeluang menekan turun harga emas," papar Monex.

4. Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora yang akan Dilantik Jokowi Sore Ini

Dito Ariotedjo dikabarkan akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Kabarnya, Dito sore hari ini akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, siapa sosok Dito Aritedjo?

5. Usai Terbitkan Laporan Keuangan, Selera Investor Asing pada GOTO Membesar

Investor asing terus memburu saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) usai perseroan menerbitkan laporan keuangan tahunan. Mengacu pada data RTI, investor asing memasang posisi beli selama Maret kemarin.

Hal itu bertepatan dengan waktu penerbitan kinerja keuangan perseroan. Meskipun masih membukukan rugi bersih sampai dengan Rp39,57 triliun. Hal itu tidak menurunkan selera investor asing membeli saham teknologi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper