Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup AKRA Jual Lahan KEK JIIPE ke Hailiang Group

AKRA menjual aset berupa lahan untuk pabrik produksi copper foil di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur, kepada PT Hailiang Nova Material Indonesia.
AKRA menjual aset berupa lahan untuk pabrik produksi copper foil di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur, kepada PT Hailiang Nova Material Indonesia. /Bisnis-Denis Riantiza Meilanova
AKRA menjual aset berupa lahan untuk pabrik produksi copper foil di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur, kepada PT Hailiang Nova Material Indonesia. /Bisnis-Denis Riantiza Meilanova

Bisnis.com, JAKARTA – Anak usaha PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA), PT Bekah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) menjual aset berupa lahan untuk pabrik produksi copper foil di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur, kepada PT Hailiang Nova Material Indonesia. 

Perjanjian pengikatan jual beli antara Hailiang dan BKMS tersebut ditandatangani pada 29 Maret 2023. Perjanjian tersebut berisi BKMS membeli tanah industri yang luas untuk pembangunan pabrik produksi lembaran tembaga oleh Hailiang di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE (KEK JIIPE).

Hailiang juga menandatangani perjanjian dengan BKMS untuk kerjasama penyediaan berbagai utilitas termasuk listrik, air, gas alam, pengolahan limbah, fasilitas telekomunikasi dan internet serta infrastruktur dan fasilitas lainnya untuk mendukung pembangunan dan pengoperasian fasilitas pengolahan Tembaga Hailiang di KEK JIIPE.

Presiden Direktur BKMS Bambang Soetiono mengatakan Hailiang adalah investor asing prestisius yang akan membawa manfaat signifikan termasuk investasi asing yang sangat dibutuhkan dan juga produk kelas dunia yang akan dibutuhkan oleh berbagai industri di Indonesia.

“Dengan penambahan Hailiang sebagai tenant, kami yakin JIIPE dapat menjadi ekosistem hilirisasi mineral dan EV yang akan menguntungkan Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (30/3/2023). 

Bambang mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE akan menyediakan semua fasilitas dan support yang dibutuhkan Hailiang untuk membangun dan mengoperasikan fasilitas produksi Copper Foil dan menyediakan utilitas dan fasilitas kelas dunia untuk kegiatan produksi Hailiang di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE. 

PT Berkah Manyar Sejahtera (BKMS) merupakan perusahaan patungan antara PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) dan PELINDO. Jika melihat laporan keuangan, AKRA memiliki porsi sebesar 60 persen saham BKMS. 

Sementara itu, Zheijang Hailiang Co., Ltd terdaftar di Bursa Efek Shenzhen dengan kode saham 002203 pada Januari 2008. Perusahaan yang bergerak di bidang R&D, pembuatan, penjualan, dan layanan produk tembaga kelas atas (pipa tembaga, batang, pipa konektor, bahan konduktor baru dan peralatan pemrosesan tembaga, dll.). 

Saat ini, perusahaan telah menjadi salah satu pengolah tembaga terbesar dan paling kompetitif di dunia, serta eksportir terbesar untuk pipa tembaga dan konektornya di Cina, dan menjadi tolak ukur dalam pengolahan tembaga. 

Sementara itu, kerja sama jangka panjang telah terjalin antara Hailiang dan lebih dari 800 klien di 188 negara dan wilayah di seluruh dunia. Perusahaan mengoperasikan 22 fasilitas produksi di Amerika Serikat, Eropa, Asia Tenggara, dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper