Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rugi GOTO Membengkak Rp40 Triliun, Bagaimana Nasib Investasi Telkom (TLKM)?

GOTO membukukan rugi bersih Rp40,5 triliun pada 2022. Membengkaknya kerugian bersih turut berimbas kepada TLKM yang menanamkan investasinya pada GOTO.
Seorang kurir Go-Food, layanan pesan-antar makanan yang dioperasikan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), sedang mengambil pesanan pelanggan di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Dimas Ardian
Seorang kurir Go-Food, layanan pesan-antar makanan yang dioperasikan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), sedang mengambil pesanan pelanggan di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA — PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) membukukan rugi bersih Rp40,5 triliun pada 2022 atau naik 55,98 persen daripada 2021. Torehan tersebut dipicu oleh meningkatnya beban pokok pendapatan, biaya penjualan dan pemasaran, serta kerugian dari penurunan nilai goodwill.

Kerugian GOTO menggelembung meskipun pendapatan bersihnya melesat 117,3 persen year on year (YoY) dari Rp5,2 triliun pada 2021 menjadi Rp11,3 triliun pada 2022. Peningkatan top line diiringi dengan pertumbuhan gross transaction value (GTV) sebesar 32,68 persen secara tahunan menjadi Rp613 triliun.

Membengkaknya kerugian bersih diperkirakan turut berimbas kepada emiten yang berinvestasi di GOTO, termasuk PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM). Investasi TLKM dimulai lewat penandatangan perjanjian pembelian saham oleh Telkomsel untuk memesan 29.708 lembar saham konversi GOTO senilai US$150 juta yang setara dengan Rp2,1 triliun pada 18 Mei 2021. Telkomsel juga memesan 59.417 lembar saham tambahan dari opsi pembelian saham atau senilai US$300 juta yang setara setara Rp4,29 triliun.

Berdasarkan perubahan akta pada 19 Oktober 2021, GOTO melakukan stock split dan mengubah jumlah kepemilikan saham Telkomsel dari 89.125 lembar saham, menjadi 23,72 miliar lembar saham. Dengan investasi dan stock split ini, maka Telkomsel tercatat memperoleh saham GOTO pada harga Rp270 per saham.

Per 30 September 2022, Telkomsel menilai nilai wajar investasi di GOTO dengan menggunakan nilai pasar saham GOTO sebesar Rp246 per saham. Namun hingga pengujung 2022, saham GOTO terpantau terus turun dan bertengger di Rp91 pada 30 Desember 2022.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menjelaskan investasi Grup Telkom melalui Telkomsel ke GOTO dilatarbelakangi oleh terbukanya peluang pengembangan bisnis yang bertujuan untuk terus menghadirkan potensi new revenue generator beyond connectivity.

“Sehingga, Telkomsel tetap berkomitmen dan optimistis dengan keberlanjutan langkah strategis tersebut,” kata Reza dalam jawabannya kepada Bisnis, dikutip Kamis (23/3/2023).

Reza mengatakan Telkomsel memiliki fokus jangka panjang dalam investasinya di GOTO dan terus mendorong peningkatan pertumbuhan bisnis ke depan. Target itu bakal dicapai melalui upaya synergy value yang berkesinambungan dengan memanfaatkan keunggulan aset kedua perusahaan.

“Sejauh ini, dari synergy value yang telah terbangun antara Telkomsel bersama GoTo telah memperkuat layanan berbasis digital, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman bagi konsumen dan pelaku usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang turut mendorong performansi lini bisnis utama Telkomsel, serta mengembangkan potensi inovasi kolaborasi layanan bersama,” paparnya.

Adapun kolaborasi yang dijalin keduanya mencakup di antaranya penyediaan paket data internet untuk mitra pengemudi Gojek dan merchant GoFood dan digitalisasi mitra reseller Telkomsel di ekosistem GoShop.

Telkomsel dan GOTO juga tercatat membentuk perusahaan patungan publisher game Majamojo melalui PT Telkomsel Ekosistem Digital (anak usaha Telkomsel) dan PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (anak usaha GoTo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper