Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Market: Rencana Stock Split dan Rights Issue MIDI, Asing Rajin Borong FREN

Rencana Alfamidi (MIDI) untuk stock split dan rights issue dan investor asing borong saham FREN jadi berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Gerai Alfamidi./JIBI-Nurul Hidayat
Gerai Alfamidi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Para investor pasar modal mencermati berita terkait dengan aksi korporasi yang dilakukan oleh PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) sepanjang hari lalu.

Selain itu, aksi borong saham PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) juga menjadi berita paling banyak dibaca.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Alfamidi (MIDI) Godok Stock Split dan Rights Issue, Sinyal Ekspansi Besar-besaran?

Emiten pengelola jaringan ritel Alfamidi dan Lawson PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) digadang-gadang akan melakukan ekspansi besar pada 2023, seiring dengan dua aksi korporasi yang tengah digodok manajemen.

Sebagaimana diketahui, MIDI tengah mempersiapkan stock split yang akan diikuti dengan rights issue.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Eka Savitri dalam riset 9 Februari 2023 menyebutkan bisnis MIDI terbilang cukup resilien di tengah kenaikan upah minimum.

2. Asing Rajin Borong, Saham FREN Sanggup Lewati Rp100?

Investor asing terpantau rajin memborong saham PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) sepanjang periode berjalan 2023. Harga saham FREN parkir di level Rp67 pada akhir perdagangan, Jumat (10/2/2023).

Posisi itu mencerminkan kenaikan 1,52 persen year-to-date (ytd). Rapor positif saham FREN diikuti dengan aksi borong investor asing.

Tercatat, net buy atau beli bersih investor asing di seluruh papan perdagangan mencapai Rp11,92 miliar.

3. Sampoerna (HMSP) Jual 86,8 Miliar Rokok pada 2022, Naik 4,8 Persen

Volume penjualan rokok PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) menembus 86,8 miliar batang sepanjang 2022. Angka itu meningkat 4,8 persen daripada 2021 yang mencapai 82,8 miliar batang.

Volume penjualan emiten rokok HMSP sejalan dengan naiknya jumlah rokok yang dijual di pasar Indonesia.

Berdasarkan laporan pengendali HMSP, Philip Morris International, total pasar rokok Indonesia pada 2022 menembus 309,6 miliar batang, naik 4,5 persen secara tahunan (year on year/YoY) daripada 2021 yang berada di angka 296,2 miliar batang.

4. Ini Alasan Apple Belum PHK Massal seperti Google, Amazon & Facebook

Produsen iPhone, Apple Inc. diperkirakan tidak perlu melakukan PHK besar-besaran lantaran perseroan telah berhati-hati untuk tidak mempekerjakan banyak orang selama pandemi.

Mengutip Bloomberg, Minggu (12/2/2023), CEO Apple Tim Cook telah menyatakan manajemen menjadi berhati-hati dalam perekrutannya setelah pandemi dan kemunculan tren pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di perusahaan teknologi papan atas.

5. Sultan Subang Asep Sulaeman Jual 1,75 Miliar Saham BEBS, Dapat Rp1,4 Triliun

Asep Sulaeman Sabanda, yang kerap dijuluki sebagai Sultan Subang, terpantau mengurangi porsi kepemilikan sahamnya di PT Berkah Beton Sadaya Tbk. (BEBS).

Asep Sulaeman menjual lebih dari 1,75 miliar saham BEBS dalam kurun 4—17 Januari 2023. Berdasarkan laporan perubahan kepemilikan saham tertanggal 10 Februari 2023, Asep Sulaeman menjelaskan bahwa dia telah mentransaksikan total 1.759.449.200 saham BEBS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper