Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Hermanto Tanoko di BEI Menjamur, Teranyar PEVE Besok IPO

Calon emiten PT Penta Valent Tbk. (PEVE) milik Hermanto Tanoko akan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) besok, Selasa (24/1/2023).
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Calon emiten PT Penta Valent Tbk. (PEVE) milik Hermanto Tanoko akan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) besok, Selasa (24/1/2023) dengan harga final Rp149 per saham.

Emiten milik Hermanto Tanoko ini mulanya didirikan oleh lima orang, yaitu Nobertus Raharjo Mulyono yang menjabat sebagai direktur utama. Lau Soegiarto Moeljono, Ratnawati Muljono Bintoro, Dotorandus Winarto dan Salim Nugroho pada 1968 dengan nama CV Penta Valent di Jakarta.

PEVE memiliki kegiatan usaha utama sebagai distributor produk farmasi, alat kesehatan dan produk konsumsi seperti kosmetik dan toiletries.

PEVE menawakan sebanyak-banyaknya 368 juta saham dengan nominal Rp20 per saham atau setara 20,67 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Adapun jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 1,76 miliar saham.

Dengan harga final Rp149 dan banyaknya jumlah saham yang ditawarkan, dana segar yang akan dikantongi PEVE mencapai Rp52,61 miliar.

Bersamaan dengan IPO, Perseroan telah menyetujui rencana Program ESA. Program ESA ini dialokasikan sebesar 0,09 persen dari jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO atau sebanyak 325.500 saham.

Adapun dana dari hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis Perseroan dengan rincian antara lain untuk biaya operasional seperti, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, biaya sewa dan lainnya, pembelian barang dagangan dan pelunasan hutang usaha kepada pemasok.

Mengutip hasil analisis tim riset Stockbit dalam unboxing PEVE, va;uasi PEVE berdasarkan laporan keuangan per Juli 2022, potensi market cap sebesar Rp214 miliar hingga Rp265 miliar.

P/S sebesar 0,11x hingga 0,14x serta P/E sebesar 10,4 kali sampai dengan 13x. Sedangkan P/BV yaitu sebesar 1,19x hingga 1,4x dengan perhitungan book value sudah mempertimbangkan cash dari IPO. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper