Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kalbe Farma (KLBF) Investasi Rp155,7 Miliar ke Perusahaan Korsel Progen

Kalbe Farma berinvestasi ke Progen, perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan produk biologi di Korea Selatan.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 04 Januari 2023  |  17:57 WIB
Kalbe Farma (KLBF) Investasi Rp155,7 Miliar ke Perusahaan Korsel Progen
Kalbe Farma berinvestasi ke Progen, perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan produk biologi di Korea Selatan.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) melakukan investasi US$10 juta atau setara Rp155,72 miliar ke Progen Co., Ltd., perusahaan penelitian produk biologi di Korea Selatan.

Corporate Secretary Kalbe Farma Lukito Kurniawan Gozali menyampaikan pada 2 Januari 2023, KLBF resmi melakukan investasi US$10 juta ke Progen. Nilai itu setara Rp155,72 miliar, dengan estimasi kurs Jisdor Rp15.572 per dolar AS.

"Progen merupakan perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan produk biologi di Korea Selatan," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/1/2023).

Perincian investasi Kalbe ke Progen senilai US$10 juta ialah pertama, pembelian saham Progen sekitar US$3 juta atau setara 8,7 persen saham. Kedua, pembelian convertible bonds (CB) Progen senilai US$7 juta dengan jangka waktu 5 tahun dan bunga 5 persen per tahun.

Lukito menjelaskan, investasi Kalbe ke Progen bertujuan meningkatkan kompetensi perseroan dalam penelitian dan pengembangan produk biologi. Transaksi ini tidak berdampak material.

Kalbe memang gencar berekspansi ke luar negeri. Sebelumnya, KLBF melaporkan pendirian perusahaan baru bernama Global Starway Synergy Co. Ltd (GSS) pada 6 Desember 2022 melalui kongsi antara PT Global Chemindo Megatrading dan Synergy Investment.

Global Chemindo Megatrading merupakan anak usaha dari PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT). Enseval sendiri merupakan anak usaha di bawah kendali KLBF yang bergerak di bidang perdagangan peralatan dan perlengkapan kesehatan dan laboratorium.

“PT Global Chemindo Megatrading, entitas anak perusahaan, dan Synergy Investment sepakat untuk mendirikan perusahaan baru bernama Global Starway Synergy Co. Ltd. yang berkedudukan di Shenzhen, China. Global Starway Synergy Co. Ltd. merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam dalam eksportasi dan penjualan dan bahan baku obat-obatan untuk manusia, obat-obatan untuk hewan dan makanan,” jelas Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Lukito Kurniawan Gozali, Kamis (8/12/2022).

Adapun modal yang disetor dan bagian kepemilikan Global Chemindo Megatrading adalah sejumlah 3.312.000 renminbi (40 persen) atau sekitar Rp7,42 miliar. Sementara suntikan modal dari Synergy Investment adalah 4.968.000 renminbi (60 persen) yang setara dengan Rp11,14 miliar.

“Pendirian GSS bertujuan untuk memperkuat sumber rantai pasokan di China dan kawasan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalbe farma klbf emiten farmasi emiten saham korea selatan
Editor : Hafiyyan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top