Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap Metropolitan Land (MTLA) Berpotensi Bagi Dividen 20 Persen

PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA)atau Metland berencana membagikan dividen untuk tahun buku 2022. Adapun besaran dividen sekitar 10 persen sampai 20 persen.
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA)atau Metland berencana membagikan dividen untuk tahun buku 2022. Adapun besaran dividen sekitar 10 persen sampai 20 persen dari laba bersih.

Direktur Metland Olivia Surodjo mengatakan perseroan berkomitmen untuk membagikan dividen dari laba yang dihasilkan sejak resmi melantai di bursa. Adapun mengenai rinciannya akan disesuaikan dengan rencana kerja dan kondisi perekonomian.

“Sejak Metland Go Public sampai sekarang besaran dividen yang pernah kita bagi berkisar 10–20 persen dari laba bersih perseroan. Jumlahnya kami sesuaikan dengan rencana kerja dan kondisi perekonomian yang ada,” ujar Olivia kepada Bisnis, Selasa (27/12/2022).

Lebih lanjut, Olivia mengatakan adanya kenaikan suku bunga dan juga potensi resesi global tidak akan mempengaruhi jumlah dividen yang akan ditebar. Olivia menyebut nominal pembagian dividen merupakan hasil kinerja tahun buku 2022 yang hasilnya sesuai target.

“Atas kinerja tersebut MTLA sebisa mungkin menjalankan komitmen untuk tetap membagikan dividen,” ujar Olivia.

Adapun MTLA akan fokus pada pengembangan proyek yang sedang berjalan baik residensial maupun komersial untuk tahun 2023. Salah satu proyek yang akan dibangun adalah Horison Ume Suites & Villa di Ubud, Bali pada awal 2023.

Mengenai target untuk tahun depan, Olivia mengatakan MTLA sedang dalam proses perhitungan final untuk anggaran atau budget tahun 2023. Hal ini juga berlaku untuk perhitungan belanja modal atau capital expenditure (capex).

Berhubungan MTLA masih dalam proses perhitungan final untuk anggaran dan sebagainya, Olivia pun enggan membeberkan upaya maupun strategi yang disiapkan untuk tahun 2023. Olivia pun kembali menyebut MTLA fokus pada proyek yang sedang berjalan.

MTLA tercatat rutin membagikan dividen sejak tahun 2019 hingga 2021. Adapun besaran dividen yang dibagikan oleh MTLA terus meningkat tiap tahunnya.

MTLA menebar dividen Rp48 miliar atau setara Rp6,30 per saham. Angka ini sekitar 9,85 persen dari laba bersih Rp486,97 miliar pada tahun buku 2019.

Kemudian jumlah dividen yang ditebar untuk tahun buku 2020 mencapai Rp54 miliar atau setara Rp7,1 per saham. Angka ini berkisar 19,83 persen dari laba bersih Rp272,29 miliar pada tahun buku 2020.

Pada tahun buku 2021 MTLA menebar Rp66,07 miliar dividen atau setara Rp8,50 per saham. MTLA membagikan 17,5 persen dari Rp372,01 miliar laba bersih tahun buku 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper