Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solusi Sinergi (WIFI) Beli Kabel Fiber Optik XL Axiata (EXCL) 3.984,5 Km

Selain pembelian kabel fiber optik sepanjang 3.984,5 Km, WIFI dan EXCL juga menyepakati penyewaan jaringan telekomunikasi dan fasilitas oleh XL Axiata.
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono. /Surge
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono. /Surge

Bisnis.com, JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge melakukan pembelian kabel fiber optik milik PT XL Axiata Tbk. (EXCL) sepanjang 3.984,5 Km.

Direktur Surge Martha Rebecca menuturkan Surge melalui entitas anak usahanya, PT Integrasi Jaringan Ekosistem atau Weave secara resmi telah menandatangani Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement) dan Akta Pengalihan dengan XL Axiata.

"Dalam perjanjian tersebut, Weave sepakat untuk membeli dan menerima pemindahan atau pengalihan aset berupa kabel fiber optik beserta infrastruktur pendukungnya sepanjang 3.984,5 km di sepanjang Pulau Jawa," kata Martha dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (22/12/2022).

Selain pembelian kabel fiber optik, WIFI dan EXCL juga menyepakati penyewaan jaringan telekomunikasi dan fasilitas oleh XL Axiata, berdasarkan Perjanjian Sewa Menyewa Jaringan Telekomunikasi (Fiber Lease Agreement) antara Weave dengan XL dalam jangka waktu yang akan berlangsung selama 10 tahun.

"Dengan kerja sama yang terjalin akan memperluas cakupan bisnis WIFI dan diharapkan akan berdampak positif bagi kinerja operasional perseroan ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, Chief Executive Officer Surge Hermansjah Haryono mengatakan setelah melakukan pembangunan serat optik 2.800 km, pihaknya akan fokus melakukan pembangunan serat optik di Pulau Jawa.

"Kami akan bangun di jalur kereta nonaktif dan di jalan-jalan utama," kata Hermansjah.

Dia melanjutkan, pembangunan di sepanjang jalur kereta dan jalan utama tersebut akan membuat jaringan yang dimiliki WIFI menjadi handal dan aman dari gangguan.

Ke depan, WIFI memiliki rencana melakukan pembangunan jaringan serat optik 8.100 km sepanjang jalur kereta, jalan raya, dan jalur steril lainnya di Pulau Jawa.

"Setelahnya, kami akan mengembangkan layanan ini ke luar Jawa," ucap Hermansjah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper