Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Penjualan Reksa Dana ESG, Eastspring Indonesia Gandeng Standard Chartered

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana denominasi rupiah non-ETF pertama yang gunakan indeks IDX ESG Leaders sebagai acuan di Indonesia
Standard Chartered/Bloomberg
Standard Chartered/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Eastspring Investments Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan Standard Chartered Indonesia untuk memasarkan produk Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus sebagai pilihan solusi investasi masa depan berkelanjutan.

Presiden Direktur Eastspring Indonesia, Alan J Tangkas Darmawan mengatakan Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana denominasi rupiah non-ETF pertama yang menggunakan indeks IDX ESG Leaders sebagai acuan di Indonesia.

Reksa dana ini menggunakan indeks IDX ESG Leaders sebagai acuan, yang memiliki konstituen indeks berupa saham-saham perusahaan yang merupakan pemimpin dalam peringkat Environment, Social and Governance (ESG).

Dengan mengimplementasikan praktik ESG, Eastspring Indonesia memberikan solusi bagi investor untuk berinvestasi dan menjadi bagian dalam penerapan investasi berkelanjutan di pasar modal Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen para pelaku industri reksa dana yang didukung oleh OJK untuk terus meningkatkan ragam produk investasi berbasis Indeks.

“Kami berharap dengan peluncuran Reksa Dana ini semakin memperkaya varian produk dan memberikan kombinasi investasi yang semakin menarik bagi investor yang menyukai reksa dana dengan strategi berbasis indeks (passive managed) yang secara historis memberikan imbal hasil yang optimal,” ujar Alan dikutip dari keterangan resmi, Rabu (23/11/2022).

Head of Wealth Management Standard Chartered Indonesia Meru Arumdalu, menjelaskan pihaknya berkomitmen atas pembangunan aspek sosial dan ekonomi yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis, kegiatan operasional, serta komunitas di seluruh wilayah operasional.

Sejalan dengan hal tersebut, Standard Chartered juga menyadari para klien dan juga masyarakat secara umum, kini memiliki semangat serta kesadaran yang lebih baik dalam mencapai aspirasi berkelanjutan mereka.

“Oleh karena itu, kami percaya bahwa Reksa Dana IDX ESG Leaders Plus merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi nasabah kami,” lanjutnya.

Adapun, Alan menjelaskan reksa dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana Indeks yang menempatkan 80 persen – 100 persen investasinya pada saham dan maksimum 20 persen di instrumen investasi ekuitas dan/atau pasar uang/deposito.

Reksa Dana ini ditujukan untuk investor yang menginginkan investasi dengan basis ESG dalam investasi mereka. Selain itu, reksa dana juga ini memiliki fitur alokasi saham diluar pilihan indeks IDX ESG Leaders yang mencakup investasi di luar negeri dengan alokasi maksimal 15 persen.

Investasi di luar negeri tersebut akan diinvestasikan pada saham dengan operasi bisnis yang signifikan di Asia Pasifik dengan peringkat risiko ESG Sustainalytics di bawah 40. Reksa dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif dan produk ini memberikan berbagai keuntungan, antara lain investor berkesempatan memperoleh potensi imbal hasil jangka waktu menengah dan panjang.

Selain untuk mendiversifikasikan portofolio investasi, berinvestasi di saham-saham dari perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia yang memiliki dan menerapkan unsur ESG akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan bermanfaat bagi generasi selanjutnya di masa depan.

“Eastspring Indonesia menjadi bagian dari komitmen untuk menciptakan keputusan investasi yang bertanggung jawab, perusahaan kami juga turut ikut serta dalam menandatangani Principles for Responsible Investment (PRI),” tambah Alan.

PRI adalah program sukarela yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), memiliki enam prinsip yang mengintegrasikan isu Lingkungan (Environmental), Sosial (Social) dan Tata Kelola Perusahaan (Governance) dalam pengambilan keputusan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper