Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kinerja Positif, STAR AM Pasang Strategi Adaptif Kelola Produk Reksa Dana Sahamnya

STAR AM asang strategi adaptif kelola produk reksa dananya. kondisi perekonomian yang berangsur pulih pasca pandemi akan meningkatkan minat investor.
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan manajer investasi PT Surya Timur Alam Raya Asset Management (STAR AM) terus berupaya menjaga kinerja produk reksa dana sahamnya memasuki akhir tahun. Penerapan strategi yang adaptif menjadi kunci untuk mengantarkan return positif kepada investor.

Chief Investment Officer STAR AM Susanto Chandra menjelaskan, pengelolaan portofolio reksa dana saham dilakukan sesuai dengan kondisi pasar. Ia mencontohkan pihaknya menerapkan strategi enhanced indexing untuk produk STAR Sustainable Equity pada akhir tahun ini.

“Saat ini untuk strategi masih enhanced indexing agar kinerja produk terjaga hingga akhir tahun,” katanya saat dihubungi, Selasa (22/11/2022).

Susanto memaparkan, salah satu faktor yang diperhatikan STAR AM dalam mencari aset dasar adalah perkembangan kondisi makro ekonomi. Selain itu, pihaknya juga mencermati kondisi industri sebuah sektor serta fundamental perusahaan.

Ia melanjutkan, untuk produk reksa dana STAR AM berupaya untuk memberikan return positif hingga akhir tahun. STAR AM memiliki target alpha positif minimal 2 persen dari indeks acuan reksa dana saham.

Pihaknya juga optimistis kinerja produk reksa dana sahamnya dapat optimal dalam beberapa waktu ke depan. Susanto menuturkan kondisi perekonomian yang berangsur pulih pasca pandemi virus corona akan meningkatkan minat investor untuk masuk ke pasar saham. Sehingga, kinerja produk reksa dana pun akan turut terkerek naik.

“Namun kami akan terus memonitor perkembangan kondisi makro ekonomi seperti laju inflasi, nilai tukar dan tingkat suku bunga dalam pengaturan alokasi sektor di dalam portofolio kami,” tutupnya.

Berdasarkan data dari pasardana.id, STAR AM memliki 1 produk reksa dana yakni STAR Sustainable Equity. Produk ini memiliki indeks acuan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan telah mencatatkan return sebesar 29,78 persen secara year to date.

Portofolio reksa dana ini didominasi oleh kas/setara kas sebesar 97,48 persen dan saham sebanyak 2,52 persen.

Sementara itu, 10 besar saham dengan investasi terbesar pada produk ini adalah adalah BMRI, BBNI, BBRI, BSDE, SIDO, JSMR, MNCN, TLKM, dan UNVR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper