Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Anak Usaha Grup Panorama Milik Satrijanto Tirtawisata Terbitkan 500.000 Saham

Emiten jasa perjalanan, PT Panorama Sentra Wisata Tbk. (PANR) milik Satrijanto Tirtawisata melepas saham mayoritas anak usaha di bidang jasa percetakan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  14:31 WIB
Anak Usaha Grup Panorama Milik Satrijanto Tirtawisata Terbitkan 500.000 Saham
PT Panorama Sentrawisata Tbk - istimewwa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten jasa perjalanan, PT Panorama Sentra Wisata Tbk. (PANR) milik Satrijanto Tirtawisata melepas saham mayoritas anak usaha di bidang jasa percetakan yakni Panorama Media ke entitas usaha seiring penerbitan saham baru senilai Rp50 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi, anak usaha emiten berkode PANR ini atau Panorama Media ini menerbitkan 500.000 saham baru senilai total Rp50 miliar. Saham baru yang diterbitkan tersebut diambil seluruhnya oleh PT Panorama Investama (PANI) yang merupakan perusahaan saudara PANR.

Berdasarkan hubungan kepemilikan saham, PANR dan PANI sama-sama dimiliki oleh Satrijanto Tirtawisata. Satrijanto memegang 2,81 persen saham PANR dan memegang kepemilikan 25 persen di Panorama Investama.

Adapun, setelah transaksi, kepemilikan PANR di anak usaha yang tadinya 99 persen berubah menjadi 13,04 persen dan Panorama Investama memegang mayoritas dengan besar persentase 86,95 persen.

"Manfaat atas transaksi adalah Perseroan dapat menambah modal kerjanya ditengah kegiatan operasi yang meningkat setelah recovery pandemic dengan penerimaan pembayaran utang PANM kepada Perseroan, Perseroan dapat memperbaiki kinerja keuangannya secara konsolidasi," ungkap Manajemen dalam keterbukaan informasi, Senin (10/10/2022).

Namun, PANR akan mengalami kehilangan pengendalian atas PANM dan porsi kepemilikan Perseroan pada PANM juga akan menurun hingga menjadi 13,04 persen.

Panorama Sentrawisata sepanjang kuartal I/2022 berhasil mencatatkan kinerja positif dengan kenaikan penjualan 181 persen menjadi Rp187,6 miliar.

AB Sadewa, Corporate Secretary Panorama Sentrawisata menjelaskan lebih terdapat kepastian usaha bagi sektor pariwisata akibat tumbuhnya minat masyarakat kembali berwisata ke luar negeri pada 2022. Hal ini berdampak positif bagi pariwisata outbound yang merupakan salah satu pilar usaha PT Panorama Sentrawisata Tbk.

Di tahun 2022 ini, dengan banyaknya negara yang membuka kembali perbatasannya untuk kedatangan wisatawan merupakan kesempatan bagi Panorama mengejar kinerja menuju posisi kinerja pre-pandemi yang diharapkan dapat tercapai pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panorama sentrawisata panr PANI
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top