Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Moncer, Pelita Samudera (PSSI) Lunasi Pinjaman US$20,6 Juta

Pelita Samudera (PSSI) melunasi 66 persen utang ke Bank Woori Bersaudara (SDRA).
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  01:27 WIB
Kinerja Moncer, Pelita Samudera (PSSI) Lunasi Pinjaman US$20,6 Juta
Pelita Samudera (PSSI) melunasi 66 persen utang ke Bank Woori Bersaudara (SDRA).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pelayaran PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) melunasi pinjaman senilai US$20,6 juta sepanjang 2022.

Terkini, PSSI melakukan pembayaran fasilitas pinjaman berjangka PT Bank Woori Bersaudara Tbk. (SDRA) sebesar US$7,34 juta, atau 66 persen dari nilai pinjaman awal. PSSI melunasi pinjaman pokok ini 1,5 tahun lebih awal dari jadwal cicilan mula-mula.

Dalam keterbukaan Informasi, Direktur Utama PSSI Iriawan Ibarat mengatakan, tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan dan kelangsungan usaha Perseroan terkait pelunasan ini. PSSI dan SDRA juga tidak memiliki hubungan afiliasi.

Iriawan mengungkapkan bahwa PSSI mampu membukukan penambahan kas yang sehat karena didukung oleh kondisi bisnis yang kuat, membuat Perseroan mampu melunasi beberapa fasilitas pinjaman jangka panjang tahun ini.

Sampai dengan hari ini, selain dari fasilitas pinjaman jangka panjang dari SDRA, PSSI juga sudah melunasi fasilitas pinjaman jangka panjang dari Citibank di awal tahun, sehingga total pokok dan bunga yang sudah dibayarkan mencapai US$21,4 juta.

Pada semester I/2022, Debt to Equity Ratio (DER) PSSI berada di level 11,04 persen dibandingkan 27,57 persempada semester I/2021.

Dari sisi rasio keuangan, dengan gearing ratio 23,4 persen, kondisi finansial PSSI hingga semester I/2022 sangat sehat dengan Net Cash US$28,6 juta. Rasio Return of Equities (ROE) Perseroan juga jauh lebih baik, 15,41 persen atau 2,1 kali lebih tinggi dibanding tahun lalu didorong oleh kenaikan laba bersih. 

Adapun, laba per saham per semester I/2022 bertambah hampir tiga kali menjadi Rp51 dibandingkan Rp19 pada periode yang sama tahun lalu.

Pada semester 1/2022, EBITDA perseroan bertambah menjadi US$26,1 juta dari US$16,5 juta dari semester I/2021. Hal ini menunjukkan manajemen mampu meningkatkan Pendapatan Usaha sambil menekan peningkatan beban pokok pendapatan. 

Laba bersih periode berjalan tumbuh 160 persen atau lebih dari dua kali lipat, menjadi US$18,8 juta dari US$7,2 juta (YoY). Lonjakan laba bersih sejalan dengan naiknya pendapatan yang tercatat sebesar US$56,2 juta atau tumbuh 23 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pelita Samudera Shipping pssi Kinerja Emiten utang
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top