Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bintraco Dharma (CARS) Rencanakan Rights Issue Lepas 30 Miliar Saham, Target Dana Jumbo

Bintraco Dharma (CARS) berencana melakukan rights issue dengan melepas sebanyak 30 miliar lembar saham.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 30 September 2022  |  14:19 WIB
Bintraco Dharma (CARS) Rencanakan Rights Issue Lepas 30 Miliar Saham, Target Dana Jumbo
Dari kiri: Direktur David Gemilang Iskandar, Direktur Utama Benny Redjo Setyono, Komisaris Utama Paulus Totok Lusida, Komisaris Independen Handy Effendy Halim, Komisaris Independen Darmawan Widjaja, berfoto bersama setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (CARS).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten diler PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (CARS) berencana melakukan penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dengan target dana jumbo.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan, emiten yang juga dikendalikan oleh Garibaldi “Boy” Thohir melalui PT Trimegah Sekuritas Tbk. (TRIM) itu memberikan HMETD kepada para pemegang saham perseroan sebanyak-banyaknya 30 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp10 setiap saham yang berasal dari portepel.

“Dengan dilaksanakannya penambahan modal dengan memberikan HMETD akan memperkuat struktur permodalan dalam rangka mendukung pertumbuhan usaha dan meningkatkan kinerja keuangan Perseroan,” ungkap Corporate Secretary CARS, Lina M. Ibrahim dalam keterbukaan informasi, Jumat (30/9/2022).

Peningkatan modal Perseroan dalam jangka panjang juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha dan peningkatan hasil investasi bagi pemegang saham Perseroan.

Sementara itu, bagi para pemegang saham CARS yang tidak melaksanakan haknya untuk melakukan pembelian saham baru sesuai dengan HMETD-nya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya (dilusi).

Adapun, perkiraan secara garis besar rencana penggunaan dana yang diperoleh dari pelaksanaan penambahan modal dengan memberikan HMETD setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan untuk pengembangan usaha, modal kerja dan memperkuat struktur permodalan Perseroan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Entitas Anak.

“Apabila sebagian atau seluruh dana hasil Penambahan Modal dengan HMETD ini digunakan untuk transaksi yang merupakan Transaksi Material, Transaksi Afiliasi, dan/atau Transaksi yang mengandung Benturan Kepentingan menurut peraturan yang berlaku di bidang pasar modal di Indonesia, Perseroan akan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku mengenai Transaksi Material, Transaksi Afiliasi, dan/atau Transaksi yang mengandung Benturan Kepentingan, sebagaimana relevan,” imbuhnya.

Rencananya, untuk menyetujui aksi korporasi ini, CARS akan memanggil Rapat Umum Pemegang Saham pada 17 Oktober 2022. Sedangkan, RUPS akan dilaksanakan pada 8 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bintraco dharma cars CARS rights issue hmetd garibaldi thohir
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top