Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Xl Axiata EXCL Rights Issue 2,75 Miliar Saham, Catat Jadwalnya

Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. (AII) akan bertindak sebagai pembeli siaga rights issue XL Axiata (EXCL).
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 11 September 2022  |  18:49 WIB
Xl Axiata EXCL Rights Issue 2,75 Miliar Saham, Catat Jadwalnya
Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) III atau rights issue sebanyak-banyaknya 2,75 miliar atau 20,4 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh EXCL.

Manajemen EXCL dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, dana hasil rights issue ini akan digunakan untuk melunasi utang perseroan dan juga fasilitas keuangan lainnya. Seluruh fasilitas yang rencananya akan dilunasi EXCL berjumlah sekitar Rp7 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. (AII) akan bertindak sebagai pembeli siaga. Artinya, apabila setelah alokasi pemesanan saham baru tambahan masih terdapat sisa saham baru maka AII sebagai pembeli siaga wajin membeli seluruh sisa saham baru tersebut.

AII tercatat memiliki sejumlah 6,559 miliar saham di EXCL, yang mewakili 61,16 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam EXCL. AII akan melaksanakan seluruh rights issue yang dimilikinya dalam HMETD III ini.

"AII juga memiliki dana yang cukup dan sanggup untuk melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya, sesuai porsi bagian kepemilikan sahamnya, serta untuk bertindak sebagai pembeli siaga dalam HMETD III, dengan tunduk pada penerimaan persetujuan dari Bank Negara Malaysia," ucap Manajemen EXCL dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Minggu (11/9/2022).

Adapun, jadwal sementara untuk rights issue ini adalah tanggal efektif pada 18 November 2022, tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD (cum right) di pasar reguler dan negosiasi pada 28 November 2022, di pasar tunai pada 30 November 2022. Lalu, tanggal awal perdagangan saham dengan HMETD (ex-right) di pasar reguler dan negosiasi pada 29 November 2022, di pasar tunai pada 1 Desember 2022.

Kemudian, tanggal pencatatan untuk memperoleh HMETD pada 30 November 2022, tanggal distribusi HMETD pada 1 Desember 2022, dan tanggal pencatatan efek di BEI pada 2 Desember 2022.

Periode perdagangan HMETD akan dilaksanakan 2-9 Desember 2022, periode pelaksanaan HMETD pada 5-9 Desember 2022. Lalu, periode penyerahan saham baru hasil pelaksanaan HMETD 5-13 Desember 2022, dengan tanggal akhir pembayaran pemesanan pembelian saham tambahan 13 Desember 2022.

Selanjutnya, tanggal penjatahan pemesanan pembelian saham tambahan 14 Desember 2022, tanggal pengembalian kelebihan uang pemesanan pembelian saham tambahan yang tidak terpenuhi pada 16 Desember 2022, dan tanggal pembeli siaga melaksanakan kewajibannya 16 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi rights issue saham
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top