Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Melantai di Bursa, Saham ChemStar (CHEM) Dibuka Melesat 19,33 Persen

Saham emiten produsen kimia tekstil CHEM dibuka melesat 19,33 persen ke harga Rp179 per saham pukul 09.00 WIB,
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  09:19 WIB
Resmi Melantai di Bursa, Saham ChemStar (CHEM) Dibuka Melesat 19,33 Persen
PT Chemstar Indonesia Tbk. (CHEM)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT ChemStar Indonesia Tbk. (CHEM) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Jumat (8/7/2022).

Saham emiten produsen kimia tekstil ini dibuka melesat 19,33 persen ke harga Rp179 per saham pukul 09.00 WIB, pada perdagangan perdananya di Bursa.

Dalam masa penawaran umum CHEM ditetapkan dengan harga IPO Rp150 per lembar saham. CHEM menerima kelebihan permintaan atau oversubscribe hingga 46,6 kali dari porsi pooling.

Perseroan menawarkan sebanyak 500 juta saham baru, yang merupakan saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp25 setiap saham, atau sebanyak 29,41 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Jumlah seluruh nilai penawaran umum ini adalah Rp75 miliar, yang akan digunakan untuk pembelian tanah dan bangunan serta modal kerja perseroan.

Emiten berkode saham CHEM ini juga menerbitkan sebanyak 250 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan, atau sebanyak 20,83 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan dengan perbandingan 2 saham baru mendapatkan 1 waran seri I atau rasio waran 2:1.

Adapun dalam laporan keuangan audit perseroan, pada tahun 2021 perseroan mampu menorehkan pendapatan usaha sebesar Rp89,62 miliar atau meningkat 13 persen bila dibandingkan dengan penjualan di tahun 2020 sebesar Rp79,33 miliar.

Dengan raihan tersebut, ChemStar Indonesia berhasil membukukan laba bersih pada 2021 yang naik 192 persen secara tahunan, dibandingkan pada tahun 2020 yang hanya tumbuh 14 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Chemstar Indonesia chem ipo bursa efek indonesia
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top