Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lippo Karawaci LPKR Incar Peningkatan Pendapatan dari Siloam Hospitals SILO

Grup Lippo Karawaci LPKR berkomitmen melanjutkan ekspansi di sektor kesehatan melalui Siloam Hospitals SILO.
RS Siloam Semanggi/siloamhospitals
RS Siloam Semanggi/siloamhospitals

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan proyeksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) turut berimbas positif terhadap induk usahanya, PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR).

Presiden Komisaris SILO sekaligus CEO LPKR John Riady menegaskan komitmen untuk terus melanjutkan ekspansi bisnis di sektor kesehatan untuk menopang pelayanan kesehatan, pembangunan nasional, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Ke depan, SILO tetap melanjutkan upaya menambah jumlah 41 jaringan rumah sakit eksisting. Secara makro saat ini dengan populasi yang sangat besar, Indonesia membutuhkan industri kesehatan yang bisa menjangkau lebih luas dan lebih berkualitas lagi," paparnya dalam siaran pers, Rabu (29/6/2022).

John menambahkan bahwa SILO juga tengah mengembangkan berbagai layanan berbasis digital, salah satunya adalah MySiloam dan telehealth yang terhubung dengan 1.000 orang dokter. Hal ini mempertegas langkah SILO untuk terus ekspansif dan memperkuat inovasi.

"SILO juga bekerja sama dengan platform lain seperti AIDO, HaloDoc, dan Alodokter. Ekspansi digital ini akan memerluas penetrasi pasar Siloam."

Pada Kamis (16/6/2022), SILO juga meresmikan Labuan Bajo International Medical Center (LBIMC) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan fasilitas kesehatan ke-2 yang dibangun oleh SILO di NTT. Sebelumnya, pada tahun 2016, SILO terlebih dahulu mendirikan RS Siloam Labuan Bajo.

Pada kuartal I/2022, SILO juga membuka rumah sakit franchise pertama di Holland Village, yaitu Siloam Hospitals Agora. Melalui model bisnis ini, investor menggunakan modal mereka untuk membangun dan melengkapi fasilitas rumah sakit, dan SILO akan berperan sebagai pengelola. Oleh karena itu, SILO dapat menghasilkan pendapatan tambahan tanpa risiko investasi.

Sementara itu, konsensus analis Bloomberg memperkirakan SILO akan meraih pendapatan Rp8,48 triliun, laba bersih Rp477,69 miliar, dan EBITDA sebesar Rp1,83 triliun pada tahun 2022.

Hal ini tentu saja berimbas positif terhadap PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) sebagai pemegang saham utama dengan kepemilikan 57,9 persen dari sebelumnya 55,4 persen.

LPKR melakukan pembelian sejumlah 330.416.800 lembar saham SILO dengan harga rata–rata adalah Rp1.098 per lembar sahamnya antara periode 29 Maret 2022 sampai 18 April 2022. Dengan langkah pembelian ini, kepemilikan LPKR atas Siloam naik menjadi 57,9 persen, dari sebelumnya 55,4 persen.

Sementara itu, pada kuartal I/2022, SILO meraih pendapatan Rp2,2 triliun didukung peningkatan jumlah pasien meskipun pasien Covid-19 menurun. Jumlah pasien rawat inap mencapai lebih dari 51.000 pasien per Maret 2022, meningkat 26,2 persen (year on year/ yoy), dan pasien rawat jalan 699.000 pasien, naik 28,3 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper