Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Popularitasnya Meroket, Berapa Valuasi Pasar NFT Global?

Pangsa pasar aset digital non fungible token (NFT) baru mencapai 1 persen dari total nilai pasar kripto global meskipun popularitasnya semakin meroket belakangan ini.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  19:49 WIB
Tampilan situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) terbesar di dunia - opensea.io
Tampilan situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) terbesar di dunia - opensea.io

Bisnis.com, JAKARTA – Pangsa pasar aset digital non fungible token (NFT) baru mencapai 1 persen dari total nilai pasar kripto global meskipun popularitasnya semakin meroket belakangan ini.

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (11/2/2022), total valuasi aset NFT saat ini mencapai US$16 miliar. Jumlah tersebut hanya sekitar 1 persen dari total nilai keseluruhan aset digital dunia di kisaran US$2 triliun, berdasarkan data dari NFTGo dan lembaga riset Messari.

Analis Senior Messari Mason Nystrom mengatakan pasar NFT dapat dikatakan menunjukkan tanda-tanda kejenuhan pada beberapa aspek. Meski demikian, Nystrom memprediksi valuasi NFT akan terus tumbuh selama beberapa tahun ke depan.

“Dalam 5 tahun, kami memprediksi industri NFT akan tumbuh signifikan karena aset ini bisa berbentuk apapun,” jelasnya dikutip dari Bloomberg.

NFT dengan jenis avatar yang umumnya digunakan sebagai gambar profil di media sosial mendominasi valuasi aset ini dengan pangsa pasar 46 persen. Sejumlah jenis NFT yang populer saat ini adalah CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club, yang dimiliki oleh sejumlah pesohor dunia, seperti petenis Serena Williams.

Nystrom memprediksi NFT dengan kegunaan yang variatif akan lebih banyak digunakan di masa depan, dengan adanya potensi keuntungan moneter yang dapat diperoleh pemiliknya. Sejauh ini, mayoritas keuntungan yang didapat dari aset ini adalah dengan menjualnya dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga pembelian.

Gritt Trakulhoon, Investment Analyst di Titan Global Capital Management USA Inc mengatakan, proyek-proyek NFT semakin variatif selama beberapa bulan terakhir. NFT kini juga dapat digunakan sebagai sarana investor untuk melakukan pendanaan tahap awal atau seed funding.

“Mayoritas aktivitas dan investasi NFT ke depannya tidak hanya akan berkutat pada gambar profil,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI NFT
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top