Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peritel MAPI Raih Pendapatan Rp12,1 Triliun, Intip Strateginya

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan pertumbuhan pendapatan menjadi Rp12,1 triliun dalam 9 bulan pertama 2021.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 10 November 2021  |  20:37 WIB
SOGO Kelapa Gading. Isitimewa
SOGO Kelapa Gading. Isitimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencetak penjualan Rp12,1 triliun dengan rugi bersih Rp114,8 miliar per September 2021.

Pendapatan bersih MAPI meningkat 18,3 persen year on year (yoy) menjadi Rp12,1 triliun, dengan margin laba kotor 41,6 persen. Adapun laba usaha melonjak sebesar 194 persen yoy menjadi Rp388,4 miliar, sedangkan EBITDA naik 43,4 persen ke Rp2,0 triliun.

Meski demikian dari segi bottom line, perusahaan masih membukukan rugi bersih senilai Rp114,8 miliar. Jumlah itu menurun dibandingkan dengan rugi bersih tahun lalu Rp672,5 miliar.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations Corporate Communications and Sustainability MAP Group, menyatakan penjualan perseroan mengalami penurunan sebesar 13,2 persen pada kuartal III/2021 dibandingkan tahun lalu. Hal itu dikarenakan penutupan sementara gerai yang berdampak signifikan pada kelangsungan usaha.

Menurutnya MAPI memanfaatkan kanal online milik perusahaan dan marketplace yang terus berkembang pesat untuk memaksimalkan pendapatan selama periode PPKM.

MAP melihat jumlah konsumen yang meningkat pesat pada bulan September, dikarenakan jam operasional gerai yang hampir mendekati normal dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

Manajemen MAPI juga melihat para konsumen sangat ingin menikmati kembali pengalaman berbelanja secara utuh dari beragam penawaran menarik MAP, mulai dari Restoran hingga Fashion, Sports & Leisure, Kids, Health and Beauty, Department store, dan perangkat Digital.

“Tujuan MAP untuk menawarkan kenyamanan dan pilihan kepada para konsumen, melalui loyalty program dan model multi-channel unified retail kami, mendapat dukungan kuat dari para pelanggan selama periode yang penuh tantangan ini,” katanya dalam keterangan resmi Rabu (10/11/2021).

Ratih menambahkan selama 18 bulan pandemi, MAPI telah melakukan transformasi bisnis perusahaan dan fokus pada keterlibatan dan pemberian reward kepada pelanggan melalui aplikasi MAPCLUB.

“MAP juga telah memperkenalkan kategori pertumbuhan baru seperti Health and Beauty, lifestyle electronics, pilihan F&B baru yang menarik, serta pakaian santai untuk WFH. Langkah ini telah memperbarui model bisnis MAP, meningkatkan pengalaman pelanggan kami, dan memperkuat tekad perusahaan menuju pertumbuhan yang lebih agresif pada tahun 2022,” katanya.

MAP, lanjutnya, tetap yakin dan berkomitmen kuat pada 2 strategi utama yang memungkinkan perusahaan mencapai tujuan dalam menghasilkan kinerja keuangan jangka panjang secara konsisten.

Pertama, memanfaatkan potensi MAPCLUB REWARDS untuk mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih baik dan tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi.

Kedua, melanjutkan investasi di bisnis dan merek baru, serta pasar ASEAN untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan MAP secara penuh.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel Kinerja Emiten mitra adiperkasa mapi
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top