Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitra Baru Grup Emtek SCMA, Investor Singapura Beli Saham Vidio Dot Com Rp2,1 Triliun

Perusahaan asal Singapura, Concentricity Pte. Ltd. telah efektif melakukan penyertaan modal saham pada PT Vidio Dot Com, anak usaha SCMA.
Gedung SCTV, kantor pusat PT Surya Citra Media Tbk./sctv
Gedung SCTV, kantor pusat PT Surya Citra Media Tbk./sctv

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Emtek kembali kedatangan investor baru. Teranyar, PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA) menjual sebagian sahamnya di PT Vidio Dot Com ke perusahaan Singapura.

Corporate Secretary SCMA Gilang Iskandar menyampaikan pada Senin (1/11/2021), perusahaan asal Singapura, Concentricity Pte. Ltd. telah efektif melakukan penyertaan modal saham pada PT Vidio Dot Com.

"Nilai penyertaan investasi US$150 juta sesuai akta keputusan pemegang saham," paparnya dalam keterbukaan informasi.

Dengan perhitungan kurs Jisdor pada 1 November 2021 di level Rp14.235 per dolar AS, maka nilai transaksi US$150 juta setara dengan Rp2,13 triliun. Setelah transaksi, SCMA memegang 83,33 persen saham Vidio Dot Com, dari sebelumnya 100 persen.

Sebelumnya, Perjanjian Penyertaan Saham bersyarat telah ditandatangani pada tanggal 25 Oktober 2021 oleh PT Vidio Dot Com dan Concentricity Pte. Ltd. Perjanjian telah efektif pada 1 November karena semua persyaratan pendahuluan telah terpenuhi.

Adapun, Surya Citra Media sebelumnya berinvestasi ke RANS Entertainment milik Raffi Ahmad. Bahkan, Direktur Utama SCMA Sutanto Hartono diangkat sebagai Executive Chairman RANS.

Sutanto Hartono mengatakan dengan berinvestasi ke RANS Entertaintment perseroan membidik mampu mendominasi konten digital. Menurutnya kedua entitas bisa berkolaborasi dalam membuat sebuah konten maupun secara masing-masing.

“Sehingga mampu memberikan benefit, dan awareness serta engagement yang tinggi,” katanya Jumat (29/10/2021). Dia berharap kedua entitas mampu memberikan skala ekonomi yang besar.

Sutanto membeberkan alasan utama perseroan berinvestasi ke RANS karena para founder bisa konsisten dalam membuat konten. Menurutnya setiap konten yang dibuat berpotensi viral karena mereka telah tahu rumusnya.

Selain itu, RANS juga berani merambah bisnis modal baru yang membuatnya kagum. Oleh sebab itu, SCMA ingin mengaloborasi bisni dan ide-ide baru.

Di sisi lain, RANS juga menunjuk Sutanto Hartono sebagai Executive Chairman. Ada pula Kaesang Pangarep yang menjadi Komisaris Perusahaan. Lalu Chairman dan Founder Raffi Ahmad sedangkan Nagita Slavina sebagai CEO.

Raffi mengatakan RANS akan mengembangkan segmen bisnis olahraga, FMCG, hiburan hingga kebun binatang. Menurutnya dengan SCMA sebagai partner bisa mendongkrak kinerja serta mewujudkan mimpi-mimpi perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper