Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual IKEA Sentul City, HERO Kantongi Rp280 Miliar 

HERO menjual aset berupa tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor kepada PT Archipelago Property Development (APD) senilai Rp280 miliar.
Gerai IKEA Alam Sutra./hero.co.id
Gerai IKEA Alam Sutra./hero.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menjual aset gedung IKEA Sentul City kepada perusahaan afiliasinya sebesar Rp280 miliar. 

Berdasarkan keterbukaan informasi, emiten ritel berkode HERO ini menjual aset berupa tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor kepada PT Archipelago Property Development (APD). Keduanya telah menandatangani akta jual beli pada 27 Agustus 2021. 

"Total nilai transaksi seluruhnya adalah Rp280 miliar," ungkap manajemen HERO dalam keterbukaan, dikutip Kamis (2/9/2021). 

Dalam keterangannya, aset gedung IKEA Sentul City kini tengah disewakan kepada anak perusahaannya, yakni PT Rumah Mebel Nusantara (RUMAH). Setelah transaksi jual beli selesai, APD akan menyewakan kembali aset tersebut kepada RUMAH.

Adapun pendapatan dari transaksi ini akan digunakan HERO untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung modal kerja serta operasional perseroan.

Manajemen juga berharap dapat membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca perseroan. 

“Transaksi ini akan memberikan perseroan kemampuan untuk monetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada perseroan,” tulis manajemen. 

HERO mengungkapkan saat ini pihaknya menghadapi kondisi yang menantang karena pandemi Covid-19 dan melemahnya kinerja perekonomian sejak 2020. Kondisi ini diprediksikan manajemen akan berlangsung sepanjang tahun ini. 

Posisi neraca keuangan HERO menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp168 miliar dan posisi utang bersih sebesar Rp463 miliar pada 2020.

Sekadar informasi, HERO dan APD berada di bawah pemegang saham yang sama, yaitu Jardine Matheson Holdings Limited asal Hong Kong. Selain itu, keduanya juga memiliki satu atau lebih anggota direksi dan komisaris yang sama.

Pada sesi I perdagangan Kamis (2/9/2021), saham HERO turun 0,28 persen atau 5 poin menjadi Rp1.795. Kapitalisasi pasarnya mencapai Rp7,51 triliun dengan valuasi PER -6,82 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper